"/>

Kenapa Kita butuh Brand Visual?

Halo sahabat kades bertemu lagi dengan mas kades alias mas khoiril amri dengan artikel-artikel yang tentunya sangat menginpirasi bagi sekalian manusia di dunia (eaaa)

Sebagai orang yang sering mendengar kata "Brand", kita tentu saja sudah benar-benar akrab dengan hal ini. Tak dipungkiri bahwa brand sering menjadi hal yang kebanyakan orang anggap begitu penting.


Hingga muncul istilah seperti "Branding" dan "Rebranding". Tapi, aku tidak akan menjelaskan tentang kedua hal ini. Silahkan teman-teman lihat artikelku yang sebelumnya membahas tentang Brand dengan contoh yang mudah dimengerti.

Artikel kali ini bisa dibilang menjadi lanjutan dari artikel sebelumnya. karena aku sendiri berpikir, apa sih pentingnya sebuah brand visual? lalu kenapa kita butuh brand visual?

Baca juga :



Pekembangan Teknologi saat ini, Brand visual jika tidak kita bentuk dan hanya mengandalkan dari hal yang konvensional tentu saja akan terjadi ketimpangan.

Apabila brand visual telah berhasil dibentuk dengan sedemikian rupa maka pasar akan secara perlahan membentuk brand melalui apa yang telah kita lakukan.

Berikut beberapa alasannya

Brand Membuat kita Menonjol dari Kompetitor


Photo by Robert F. on Unsplash

Memiliki brand yang kuat akan sangat menguntungkan untuk dapat memenangkan pasar dan dapat menonjol dari kompetitor. Bisa kita katakan brand yang kuat akan dapat lebih mudah dipercaya oleh pasar dibanding Brand baru yang notabenenya belum memiliki nama.

Namun, brand baru pun memiliki kesempatan yang sama untuk dapat bersaing dengan membentuk brand visual yang kuat agar dapat memenangkan pasar.

Ketika brand baru maupun lama saling bersaing melalui visual maka kompetisi bukan hanya tentang marketing maupun kualitas produk melainkan bagaimana caranya sebuah visual brand dapat mempengaruhi audiens dan konsistensi yang dimiliki.

Meningkatkan Nilai Penawaran


Hasil gambar untuk value

Ada banyak alasan orang-orang membeli sebuah produk, selain dari hal kualitas dan nama. Tampilan visual akan sangat benar-benar bisa meningkatkan nilai penawaran sebuah produk.

Produk yang dikemas dengan baik akan dapat memenangkan pasa seperti poin diatas, dapat jugo memberikan kesan alam bawah sadar bagi banyak orang.

Setiap brand wajib memiliki sebuah brand visual yang dapat membedakan mereka dan meningkatkan pengaruh psikologi melalui visual yang ditampilkan. Produk yang dikemas dengan rapi akan sangat menarik secara tidak sadar akan menarik perhatian orang-orang.

Bahkan lucunya, kita sudah tau ada brand mie instan yang harganya bisa dibilang terjangkau ada juga yang harganya selangit.

Lalu, apakah harga selangit tidak laku? Tentu saja tetap laku. Karena mereka sudah membuat sebuah brand visual yang memberikan kesan mewah dan akan secara bawah sadar mempengaruhi orang-orang.

Baca Juga :



Terjalinnya interaksi dengan pengguna


Hasil gambar untuk using smartphone

Mungkin bahasa sederhananya adalah "Loyalitas" pengguna. Berapa banyak sebuah brand memiliki loyalitas pengguna dengan basis yang besar. Tentu kita sudah dapat menyebutkan begitu banyak merek.

Selain kualitas, mereka mampu membangun brand visualnya dengan sangat apik dan konsisten. Ambil contoh makanan cepat saji (KFC) dimana-mana kita akan selalu bertemu dengan brand visual yang mereka miliki adalah merah dengan ciri khas kakek-kaket berjenggot. tidak mungkin kita bertemu dengan KFC berwarna biru atau hijau. kalo pun ada kita sudah bisa menebak

Ketika sebuah brand baru yang meniru-niru mereka dengan sedikit mengganti warna, desain, konsistensi dan konsepnya maka sebuah brand baru ini akan berbeda.

apa yang membedakan? Iya, Brand Visual mereka.

Brand Visual yang baik mencerminkan produk

Hasil gambar untuk product package

Ketika dipertemukan dengan 2 produk dengan desain yang sangat menarik namun ternyata ada salah satunya warna yang kita sukai, pasti kita akan cenderung memilih warna yang kita sukai.

Ya, simpel kan?

Brand visual akan begitu mudah mencerminkan produk yang dimiliki. Desain yang sulit dimengerti dan penggunaan elemen visual yang tidak berpedoman dengan prinsip-prinsip desain akan terlihat aneh dan seringkali membingungkan pelanggan.

-------

Kesimpulan

Maka, betapa perlunya sebuah brand visual dapat mempengaruhi brand yang dimiliki. apalagi pekembangan marketing yang menuntut untuk melakukan promosi lebih efektif dengan visual yang menarik pelanggan.

Pada akhirnya, Brand visual yang dibangun akan sangat membantu produk dapat berkembang dan memenangkan kompetisi.

Terima kasih!
Cherio!

No comments:

Powered by Blogger.