[REVIEW] SEJARAH LOGO GOJEK DARI MASA KE MASA


Sejarah logo Gojek memang menarik sekali untuk kita bahas. Apalagi Logo gojek yang sebelumnya yang begitu ikonik sungguh sulit untuk kita lupakan begitu saja.


Sejarah perubahan logo Gojek, bisa dibilang sangatlah revolusioner, Karena mereka benar-benar melepaskan identitas logo pengendara motor menjadi bentuk lingkaran yang abstrak serta multitafsir.

Tentu, sah-sah saja apabila orang-orang gojek ingin mengubah logo mereka.


Apalagi, alasan yang mereka kemukakan sangat beralasan sekali.


Menurut, keterangan resmi lewat situs resmi Gojek. Nadiem makarim selaku Founder dan CEO mengatakan bahwa


“Kehadiran logo baru ini diilhami oleh perjalanan Gojek yang telah berhasil menjadi platform teknologi terdepan di Asia Tenggara. Logo baru ini melambangkan alasan utama hadirnya Gojek, yaitu memecahkan masalah melalui teknologi.” 

 

“Logo ini melambangkan satu tombol untuk semua. Di lain pihak, lingkaran di logo baru ini mewakili ekosistem Gojek yang semakin solid memberikan manfaat untuk semua. Logo ini mewakili semangat kami untuk selalu menawarkan cara pintar dalam mengatasi tantangan yang dihadapi para pengguna untuk hidup yang lebih mudah bagi konsumen, untuk akses pendapatan tambahan yang lebih luas bagi mitra, untuk peluang pertumbuhan bisnis yang pesat bagi para merchant, dan masih banyak lagi. Dengan Gojek #PastiAdaJalan, itu intinya,” kata Nadiem.

 

Selain itu, logo baru ini tetap menempatkan mitra di posisi istimewa. Sebagai contoh, jika diperhatikan, logo ini menyerupai ikon driver yang terdapat di fitur layanan GoRide di aplikasi Gojek. “Kami bangga dengan para mitra Gojek yang mampu berkembang bersama kemajuan teknologi, sehingga mereka bisa diandalkan oleh semua lapisan masyarakat kapan pun, di mana pun. Mereka berperan aktif dalam menggerakan pertumbuhan ekonomi digital dengan membantu mempermudah hidup jutaan masyarakat setiap hari,” lanjut Nadiem.

 

Lalu, kira-kira bagaimana yaa sejarah logo dari Gojek dari masa ke masa? 


2010



Logo Gojek yang sangat ikonik ini tercipta di tahun pertama mereka terbentuk. Menggunakan Ikon Pengendara motor, membuatnya menjadi salah satu logo aplikasi yang paling ikonik.


Tak hanya bentuk pengendara bermotor, tapi juga disandingkan dengan ikon wifi sebagai tanda teknologi.



2018



Sempat pada tahun 2018 diaplikasi smartphone, Logo Gojek terlihat berbeda. Dengan menghilangkan ikon pengendara motor.


Walaupun, diberbagai materi promosi atau diberbagai media lainnya logo dengan pengendara motor tetap ada.



2019



Pada 22 Juli 2019, Gojek memperkenalkan logo yang dirombak untuk pertama kalinya dalam hampir 9 tahun, sejak perubahan kecil terakhir pada Desember 2018.


Wordmark berubah total, serta peluncuran ikon baru bernama Solv, yang melambangkan transformasi Gojek dari layanan ride-hailing menjadi super app yang menyediakan berbagai cara cerdas untuk menghilangkan kerepotan.


The Solv ikon mungkin mewakili banyak unsur yang membangun Gojek berdasarkan pandangan yang berbeda, seperti tombol power, cari ikon, peta pin, pandangan top-down pengemudi, dan bahkan roda sepeda motor depan dari logo asli.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak