"/>

[Review] Desain Logo dan Branding HUT RI ke 73 Tahun, Bekerja dengan Energi

Halo Sahabat kades!!

Kembali dengan aku Mas kades seperti biasa akan selalu membagikan kalian berbagai artikel yang tentunya inshallah selalu berfaedah untuk sekalian umat.

Sebelumnya aku mau tanya nih, udah lihat belum logo HUT RI ke 73 Tahun?

Mungkin ada yang menjawab sudah, belum, atau baru tahu dari blognya mas kades ini tentang Logo baru HUT RI 73 Tahun.

Memang dalam beberapa tahun ini tepatnya setahun yang lalu, kita sudah mulai memiliki kesadaran untuk mendesain berbagai hal. Terbukti dengan adanya desain logo HUT RI 72 tahun yang tentunya banyak sekali memuji dan ada saja yang mencaci.

Semua itu sah saja karena desain bisa saja ada yang suka, bisa saja ada yang tidak suka. Itulah begitu pentingnya seorang desainer grafis untuk memahami pola pikir masyarakat luas dan menuangkannya dalam desain yang ia buat.

Kembali ke topik utama yaa

Jadi, cerita sedikit yaa.

Awalnya aku sendiri tidak tahu kalo HUT RI tahun ini akan ada logo baru, tapi setelah aku buka hape ternyata ada yang membagikan instastory tentang logo baru HUT RI. Sebagai pelaku desain (cieee) aku akhirnya menjadi penasaran dong.

Setelah mencari-cari dari mbak Gugel aku pun mendapatkan pedoman identitas visual HUT RI 73 Tahun langsung dari Google Drive tentunya ini akan sangat membantu bagi orang-orang yang bekerja di percetakan atau pun berbagai keperluan lainnya.

Tentu saja nanti akan aku bagikan linknya jika teman-teman mau download. tapi sebelumnya aku ingin sedikit melalukan review untuk branding HUT RI 73 tahun ini.

Review


Kesan awal ketika melihat logo ini adalah "Biasa saja" dengan warna khas negara kita yaitu Merah dan Putih dan logo membentuk angka "73" dengan tagline "Kerja kita, Prestasi Bangsa". Tentu sebuah komposisi yang memang pas jika dilihat dari apa yang dilakukan oleh presiden kita saat ini yaitu Kerja.

Tak ada hal khusus yang aku lihat dari logo ini, karena pada dasarnya memang "Biasa aja"

Kok gitu mas?

Eitts, tunggu dulu yaa jangan langsung emosi haha. aku kan baru bahas logonya aja jangan langsung emosi dong. Budayakan membaca yaa jangan males

Setelah asik melihat logo, aku pun coba untuk membaca berbagai keterangan dan pedoman identitas visual logonya. dan disini aku sedikit mulai tertarik dan menyukai logo ini.


Aku lebih suka melihat proses dari sebuah desain dibanding hasil akhirnya, seperti kata pepatah "Proses tidak akan mengkhianati Hasil" dan benar saja, Logo HUT 73 tahun ini memberikan berbagai cerita bagaimana logo ini dibentuk mulai dari Grid yang digunakan hingga bagaimana pengaplikasian.

Beginilah aku sebut sebuah logo yang sempurna, menggunakan Grid dan proporsional yang pas, tentu saja aku sangat yakin proses pembuatan logo ini tidaklah main-main.

Inilah sebenarnya yang sangat aku tunggu-tunggu, Desain identitas visual dipublikasikan ke masyarakat luas agar semakin banyak masyarakat yang paham betapa pentingnya sebuah desain untuk menciptakan identitas visual.

Bahkan bukan saja visual, melainkan emosi dari orang yang melihatnya.

Pengaplikasian

Tentu saja, dalam sebuah desain logo konsistensi adalah hal yang paling penting. Maka dari itu, harus adanya pedoman identitas visual yang ditunjukkan oleh logo HUT RI 73 Tahun kali ini. Menurutku sebuah keputusan yang tepat dengan begitu bisa menghindari dari tangan-tangan jahil yang dapat merubah konsistensi logo, warna, pola, layout, dll.








Kesimpulan

Secara visual dari logo menurutku biasa saja dan memang tidak ada hal khusus yang menarik perhatianku. Namun jika memperhatikan pengaplikasiannya dan keseriusan yang dilakukan sangat penting untuk kita apresiasi bagaimana insan kreatif kita mulai bergerak maju dan pemerintah pun sudah mulai sadar pentingnya membangun sebuah identitas visual.

Baiklah nampaknya artikel berakhir disini, kalo temen-temen ada info, pendapat, atau apapun yang berhubungan dengan desain silahkan berkomentar dan berbagi

Cherio!!

Link Pedoman Identitas Visual

1 comment:

Powered by Blogger.