[Review] YouTube Ganti Logo? Mari berkenalan dengan Logo YouTube yang Baru!!

10:24:00 AM

Halo sahabat kades bertemu lagi dengan mas kades alias mas khoiril amri


Hari ini aku akan melakukan review lagi tentu masih tentang hal-hal yang berhubungan dengan desain-desain. Sebelumnya aku juga sudah melakukan review terhadap logo Google yang baru dan tentu saja sangat banyak yang aku bahas disana silahkan deh kalo mau baca-baca haha.

Nah, kali ini aku akan membahas keluarganya yaitu YouTube. Kenapa dengan Youtube?

Ternyata eh ternyata mereka berganti logo begini ceritanya......

Pada suatu hari (eh) Jadi, kalo ga salah tanggal 30 aku sedang membuka Youtube seperti biasa, dan memang aku termasuk orang yang sering sekali membuka layanan video streaming yang satu ini selain memang bisa memilih konten-konten sendiri aku juga punya channel sendiri haha cek disini kalo mau lihat (sekalian promosi).

Awalnya memang ga ada sesuatu yang aneh karena aku ditampilkan sebuah user interface ala Youtube, tapi setelah beberapa saat aku merasakan hal yang berbeda diantara kita (eh) dan benar saja YouTube mengganti logo + mengganti user interface mereka dan bisa dibilang cukup menarik untuk diteliti dan dilihat detail-detailnya. Yaa walaupun bagi orang yang ga peduli sama tampilan mereka akan cuek dan ga terlalu mau pusing buat hal itu haha.

Berikut penampakan dari tampilan beranda YouTube yang baru, tentu sangat berkesan clean alias bersih. Cuma memang aku agak sedikit terganggu dengan tampilan yang aku rasa sedikit besar yaa walaupun bisa diakali dengan melakukan pengecilan layar pada tampilan browser cuma untuk keseluruhan tampilan di desktop menurutku sangat baik.



Sebelum kita lanjut, mungkin agak sedikit flashback dengan logo mereka yang sebelum-sebelumnya, tentu memang jika kita perhatikan logo dari YouTube tidak pernah terpisahkan dari kotak warna merah yang selalu mengiringi kata "Tube" pada setiap logonya dan beberapa perubahan juga sering gradient halus namun memang tidak pernah benar-benar memisahkan elemen kotak dan "Tube".

Logo baru menekankan pada icon "Play" atau tombol "Putar" dan menempatkannya berada didepan nama dan satu lagi menggunkan warna merah cerah menyala tidak seperti logo sebelumnya yang menggunakan warna merah saja. selain itu YouTube juga merilis pedoman merek mereka untuk menunjukkan bagaimana logo diaplikasikan.

Mereka juga menambahkan, Tampilan baru kami menerapkan Desain Material ke YouTube dan memberikan pengalaman pengguna yang segar, sederhana dan intuitif yang memungkinkan konten bersinar - karena tidak ada yang lebih penting daripada pencipta dan video yang sangat kami sukai. Fitur favorit saya dari desain desktop baru ini adalah Dark Theme, yang mengubah latar belakang gelap saat Anda melihat tampilan yang lebih sinematik.

Logo yang telah menemani YouTube selama 12 Tahun

Wajah baru YouTube sekarang dan masa depan

Jika kita perhatikan untuk tipografinya sendiri sekilas tak jauh berbeda dengan logo sebelumnya, tapi ketika dilihat lebih jauh kita akan menemukan kerning atau jarak antar karakter sedikit lebih dekat dari sebelumnya, terutama yang akan sangat terasa dibagian kata "U" dan 'T".

Di blog resmi YouTube mereka mengatakan,

"Merah terang dengan Ikon play Logo Dirancang untuk keadaan multi device, Logo yang diperbarui menggabungkan versi tag dan ikon kata YouTube yang disempurnakan, menciptakan desain yang lebih fleksibel yang bekerja lebih baik di berbagai perangkat, bahkan di layar terkecil sekalipun.

"Mengapa lebih fleksibel? Bila ruang terbatas (katakan pada smartphone) Anda bisa menggunakan Icon yang lebih cerah seperti Logo yang disingkat, yang akan terlihat lebih mudah dan mudah dibaca dengan lebih jelas."

Berikut sedikit cuplikan dari tampilan UI YouTube



Tentu yang paling menarik perhatianku adalahnya adanya fitur dark yang membuat semakin sinematik, bisa cek dibagian profile.

Berikut adalah tampilan perkembangan tampilan desktop dari YouTube yang berawal hanya dari tampilan layaknya Google Search hingga sekarang dengan tampilan yang benar-benar bersih.

Secara keseluruhan aku secara pribadi sangat menyukai perubahan yang dilakukan YouTube untuk logo dan tampilannya sehingga bisa dibilang akan sangat fleksibel ketika ditempatkan diberbagi dimensi ruang dari yang paling besar hingga kecil. Namun, aku hanya sedikit menggariskan bahwa aku agaknya sedikit terganggu dengan warna merah yang terlalu cerah walaupun secara keseluruhan tampilannya adalah putih tapi memang lagi-lagi pendapatku secara pribadi.

Baiklah sahabat kades akhirnya selesai juga review kali ini, apakah bermanfaat? silahkan berkomentar dan bagikan kepada teman-teman kalian.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Kok sama. Kurang nyaman dengan warna merah terangnya. Mngkin perlu adaptasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, lagi-lagi memang hanya pendapatku aja :D

      Delete

Support Me

Like us on Facebook