Tips Bagaimana Cara Membangun Portofolio Desain

8:09:00 PM

Kali ini aku kembali lagi dengan berjuta-juta tutorial ataupun tips desain yang akan kalian dapatkan hehehe :D, pada kesempatan yang baik ini aku akan memberikan sebuah tips-tips bagaimana cara membangun portofolio Desain.

Seperti yang sudah kita ketahui dan menjadi rahasia publik portofolio tidak dapat terpisahkan bagi sebuah usaha terlebih lagi desainer grafis, karena dengan adanya portofolio kita setidaknya bisa memberikan gambaran kepada client potensial kita. lewat portofolio pula kita dapat menunjukkan keahlian kita sehingga memberikan nilai di depan mata client.



Lalu, Bagaimana cara membangun portofolio itu? Ayo kita simak cara-caranya :D

1.Pro Bono
Pernah mendengar istilah ini? Biasanya anak-anak yang ada di jurusan hukum akan mengerti, kalo menurut berbagai sumber maksudnya adalah "Untuk Publik atau kepentingan publik" Namun beda halnya dengan kata "Gratis" Biasanya pro bono akan dilakukan untuk keperluan instansi yang memerlukan seorang tenaga yang profesional tentu berkompeten dibidangnya. nah disinilah perannya agar bisa membangun portofolio untuk desain kita.

Sebagai contoh yakni, yayasan sosial, pesantren, dll tentu tidak hanya pahala yang didapat namun tanpa disadari kita akan mendapatkan nama dan juga feedback (Umpan balik). sehingga menambah nilai diri kita dimata orang.

2.Project Khayalan
Kalo malas dengan yang namanya "Pro Bono" Mungkin kalian bisa mencoba cara yang kedua ini. dengan kita membuat sebuah project khayalan, kita bisa membangun kepercayaan diri, dapat mengexplorer diri sendiri dan tentunya tanpa ada client. bagaimana? tertarik :D

3.Bekerja sama dengan Bisnis Kecil
Bukan bearti sebuah bisnis kecil tidak memiliki prospek besar di masa depan, tentu kita tahu semua perusahaan yang saat ini besar awalnya hanyalah sebuah usaha kecil yang kemudian berkembang seperi saat ini, namun dalam cara ini kita sebagai desainer grafis musti jeli dalam melihat peluangnya. lalu, apa hubungannya dengan membangun portofolio desain mas?

Tentu dengan kita bekerja sama dengan bisnis kecil, kita bisa memberikan keahlian kita dalam mendesain produk, Identitas perusahaan, dll.

4.Mendesain Untuk Diri Sendiri
Mungkin kalian ingin sekali memiliki logo, ataupun bermimpi menjadi seorang CEO perusahaan terkenal, dari pada hanya sebuah khayalan, lebih baik kita buatkan sebuah desain perusahaan tersebut. sehingga selain menambah portofolio, kita tidak tahu mungkin saja di masa akan datang ada client yang memiliki kemiripan dan selera yang sama dengan perusahaan mimpi kita.

Kesimpulannya, Tentu kita sebagai desainer grafis harus terus perpikir kreatif. lalu baiknya kita tunjukkan ide-ide kreatif tersebut dalam sebuah portofolio yang tentu bisa menambah nilai jual kita di depan mata client potensial.

Bagaimana? Apa kalian sudah punya cara untuk membangun portofolio untuk desain kalian? :D. Tentu dengan cara-cara diatas pasti yang kena kan :D

Silahkan di share dan like, lalu janga lupa komentarnya mungkin saja ada dari sahabat kades yang memiliki pandangan lain tentang cara membangun portofolio desain :D :D :D

You Might Also Like

0 komentar

Support Me

Like us on Facebook