Thursday, July 23, 2015

Mitos Tentang Desainer Grafis Di Indonesia

Apa kabar sahabat kades? tentu masih sehat dan terus semangat berkarya yaa :D. Postingan kali ini aku akan membuat artikel horror hahaha :D (jeng jeng). seperti yang sudah kita ketahui mitos memang sudah melekat di berbagai lapisan masyarakat kita, kehidupan kita selalu diiringi oleh mitos-mitos dari berbagai daerah, ada sebagian yang memang benar, dan ada pula yang sudah terbukti tidak benar secara ilmiah.

Menurut Om Wiki Mitos itu adalah sebuah cerita-cerita zaman dulu yang mengacu ke arah tradisional atau adat. Mitos juga sering begitu sangat dipercaya oleh empunya atau yang mempercayainya. Kalo tidak salah seperti itulah pengertiannya. Namun walaupun mengacu ke arah tradisional. Hingga saat ini mitos masih terus berkembang dan menyebar dari mulut ke mulut dan dari generasi ke generasi.

Hari ini aku tidak akan membahas tentang sejarah mitos ataupun apalah-apalah hahaha :D, tapi aku akan membahas mitos yang menyangkut tentang desainer grafis, kenapa? karena kita tentu desainer grafis yang masih pemula atau yang sudah pro sekalipun pernah mendengar mitos-mitos yang berkembang di masyarakat yang membahas tentang desain grafis.


Baiklah aku akan menjelaskan satu per satu, sebelumnya tarik nafas dalam-dalam yaa hahaha :D, baiklah kita mulai dengan yang pertama :

1. Kerjaan Cuma Gambar
Jika kita katakan ini mitosnya salah, tentu "tidak" karena memang desainer grafis akan berkerja dengan gambar-gambar bahkan tulisan pun disebut gambar. Namun jika ada yang menganggap desainer grafis "Cuma gambar doang" adalah sebuah hal salah, karena desainer grafis pun bekerja dengan otak serta ide yang mereka hasilkan untuk dapat mengkomunikasikan sebuah objek visual yang dapat dimengerti oleh khalayak luas.

Jadi, adalah kesalahan kaprah bagi orang awam jika mengatakan "Cuma Gambar doang". sebenarnya gambar adalah media untuk mengaplikasikan dan menyalurkan ide, dan tugas desainer grafis adalah memberikan makna dan dasar pemikiran kenapa sebuah karya itu tercipta.

2.Gampang
Tentu akan sedikit memanas di dalam hati jika mendengar kata-kata tersebut, Mungkin dalam pemikiran masyarakat awam desainer grafis kerjaannya gambar, jadi adalah sebuah perkara gambang, anak TK pun bisa menggambar. Namun lagi-lagi adalah bukan sebuah perkara mudah untuk menggambar. karena desainer grafis harus mampu menggambar dengan tidak melupakan tujuan dan target yang dituju, belum lagi tentang isu kemiripan dan revisi.

3.Santai
Jika menurut pengalamanku sendiri, Desain grafis dikatakan santai tentu santai (Kalo ngak ada tugas dan order). Aku akan sedikit bercerita, Dalam satu minggu itu pasti akan ada tugas tentu tugasnya itu berbeda satu sama lain, bahkan dalam satu hari sering terjadi 2 tugas yang dikumpul. belum lagi tugas menggambar poster tentu tidak menggunakan software, melainkan secara manual. tentu tidak bisa dilakukan dalam satu hari bukan?

4.Masa Depan Kurang Terjamin
Walah, ini adalah mitos yang cukup membuat gempar bagi desainer pemula sepertiku, bagaimana tidak saat ini sedang dalam bangku kuliah dan mendapat mitos ini, setidaknya bisa memberikan efek psikologi yang berat. Namun kita bisa melihat saat ini yang namanya kreatifitas sangat dibutuhkan, sering pastinya melihat logo, banner, spanduk, balliho, dll. tentu memerlukan orang kreatif seperi desainer grafis, ditambah lagi di bidang periklanan desain grafis sangat dibutuhkan.

Bisa kita lihat iklan rokok, tidak pernah ada pria atau wanita yang merokok, namun rokok tetap menjadi primadona bagi penikmatnya, kenapa? karena biasanya iklan rokok akan menampilkan seorang laki-laki yang kuat, berotot dan melakukan adegan-adegan berbahaya yang memberikan makna bahwa seorang laki-laki itu kuat dan hebat, serta berotot adalah laki-laki yang merokok. kita mungkin bisa mengatakan "Mana Mungkin" namun inilah kreatifitas yang dicipktakan oleh desainer grafis yang membuat objek visual dapat memberikan efek psikologi lebih dalam bagi yang melihat.

Jadi, kesimpulan yang dapat kita ambil adalah tidaklah semua mitos tentang desainer grafis itu benar. mungkin yang dapat kita lakukan adalah membenahi diri dan menunjukkan diri kepada dunia agar tidak ada lagi mitos tentang hal diatas. Aku sendiri saat ini di jurusan DKV dan sangat sering mendapatkan beberapa tanggapan negatif atau postif, Jadi sahabat kades jangan lelah untuk berkarya (y)

Baiklah aku tutup dulu postingan kali ini dengan Salam kades (Gimana caranya) :D :D :D

Kalo kalian suka silahkan like dan share artikel ini di facebook, twiiter, intagram, dll heheheh :D, jika ada yang ingin kalian tanyakan atau saran kritik silahkan kirimkan komentar kalian dibawah :D :D

Adalah Seorang Blogger asal Palembang yang Suka Dunia Desain dan saat ini Sedang Masa Kuliah di Bidang Yang sama. Selain itu Aku juga Suka hal-hal yang bernuansa Korea.


EmoticonEmoticon