Begin typing your search above and press return to search. Press Esc to cancel.

Saturday, January 5, 2019

Kenapa Logo yang Murah akan Merugikan Merek Kamu?
Dalam berproses membuat logo, dituntut untuk melakukan berbagai hal yang pastinya cukup kompleks, apalagi ketika bicara soal melakukan riset tentang sebuah merek yang akan dibuat.



Terdapat juga berbagai pemahaman yang wajib diketahui sebelum melakukan desain logo. Seperti, bagaimana logo itu dapat menjadi simbol merek yang nantinya bisa mewakili wajah dari sebuah merek.

Walaupun terdapat banyak hal kompleks yang dilakukan, nyatanya masih ada saja yang ingin membuatnya lebih singkat dengan membuang hal-hal yang dianggap tidak penting.

Seperti tidak melakukan riset, tidak melakukan proses brainstorming, dll.

Cara jitunya hanya dengan memberikan nama dan bidang usaha dari sebuah merek, dan BOOM!! jadilah sebuah logo yang bisa langsung dipakai.

Tentu saja sebuah merek yang baik dan ingin bisa tetap eksis dengan desain yang konsisten harus bisa paham betul kebutuhan desain yang harus mereka miliki

Pastinya, kita tidak mau membuat desain logo yang sudah dibuat berakhir di kotak sampah.

Bisa kita lihat banyak sekali bukti yang nyata disekitar kita, bagaimana sebuah logo yang "Tanpa Riset" dan "Pemahaman" yang mendalam bisa saja akan tersingkir karena tidak adanya penyesuaikan dan perencanaan yang matang.

Sebagai desainer grafis, ada nilai moral yang sangat dipegang. Walau pada kenyataannya sering terjadi kontra dengan dunia nyata yang sebenarnya

Inilah 5 Alasan kenapa sebuah logo yang murah dapat merugikan sebuah merek

1. Hak Cipta


Sebuah logo yang tanpa riset akan sangat rentan dengan hak cipta, karena bisa saja akan terjadi kesamaan bentuk, warna, dll.

Tentu kita tidak mau apabila logo yang kita pakai malah terkena hak cipta bukan?

Jika telah melakukan riset, desainer grafis tentunya akan bisa mengetahui Bagaimana kompetitor maupun merek lain diluar bidang usaha yang dilakukan.

2. Logo Murah tidak akan berkembang


Logo yang dibuat dengan "Murah" dan tanpa di desain dengan baik tidak akan membuat sebuah merek menjadi berkembang lebih maju.

Kenapa?

Karena Logo yang murah akan dibuat tanpa memikirkan pengaplikasian dari sebuah logo tersebut. Tentunya merek yang baik harus berpikir penuh tentang masa depan usahannya.

apabila logo yang secara visual sebagai simbol tidak dipersiapkan dengan baik, maka akan rentan untuk terjadi inkonsistensi.

3. Membayar lagi


Walau sebenarnya diawal terlihat sebuah logo murah akan bisa menjadi solusi yang tepat, Namun pada kenyataannya akan membuat merek harus mengeluarkan biaya lebih mahal lagi

Kenapa?

Karena logo yang murah bisa saja tidak menyertakan file-file atau membuat logo yang konsisten.

Pada akhirnya sebuah merek harus mengeluarkan biaya lagi untuk membuat sebuah desain logo baru yang lebih baik dari sebelumnya.

4. Sulit diingat


Setelah sebuah merek mengeluarkan biaya lebih akhirnya melakukan desain ulang, dan ujungnya akan membuat pelanggan bingung dengan merek tersebut.

Logo yang murah pun bisa saja akan terasa mirip dengan logo lainnya, sehingga nilai keunikan logo dan daya ingat pelanggan akan berkurang.

Kesimpulan

"Logo yang baik tentu harus dipersiapkan dengan baik pula" @vektorkades

Jadi, pada kenyataannya sebuah merek harus dengan sangat baik mempersiapkan logo yang akan mereka gunakan.

Karena, logo tersebut haruslah cukup bertahan lama dan bisa selalu konsisten mengikuti zaman tanpa mengubah elemen utamanya.

"Desainer Grafis Menciptakan nilai" @vektorkades
Simak Tulisanku tentang desain grafis lainnya disini
TIPS DESAIN GRAFIS

Adalah Seorang Blogger asal Palembang yang Suka Dunia Desain dan saat ini Sedang sibuk jadi Blogger, Youtuber, Freelancer, dan kerja disalah satu media di palembang. Selain itu juga Suka hal-hal yang bernuansa Korea khususnya Kpop.

1 komentar:

  1. Wah ini bener banget, mudahan banyak client kembali kejalan yang benar.

    ReplyDelete

Let's work together !

I am available for freelance projects.
Hire Me Download C.V

Contact Us

Phone :

+6282280263852

Address :

Tanjung api-api,
Sukarami, Palembang, Indonesia

Email :

Khoiril2amri@gmail.com