Thursday, October 29, 2015

Hal-hal yang menjadi Ciri khas dari Flat Design

Apa kabar sahabat kades? :D :D tentu sangat baik. Pada kesempatan yang begitu sangat berkabut ini (di daerahku), Aku akan berbagi sebuah artikel tentang flat design. Tentu sudah tidak asing lagi bagi para desainer grafis untuk gaya desain yang satu ini.


Selain memang menarik, dari segi tren pun flat design sangat begitu terkenal. Bahkan, Google pun menggunakan flat design untuk logo terbaru mereka :D :D Bagaimana? Sunggu menarik bukan?.

Untuk pengertian flat design sendiri sudah aku jelaskan pada artikel sebelumnya disini. Sakarang aku akan berbagi Hal-hal yang menjadi ciri khas style yang satu ini. Tentu sangat banyak flat design yang sudah berhamburan di internet. dan untuk temanya pun sudah berbagai macam. Seperti : Pekerjaan, Bangunan, Alat tulis, dan masih banyak lagi.

Namun, Pernahkah kita memperhatikan bahwa ternyata flat design itu memiliki beberapa ciri khas yang membuatnya mudah dikenali dan disenangi oleh banyak orang saat ini. Nah, Aku sudah mendapatkan beberapa referensi dan penglihatan sendiri untuk ciri khas Flat design.

Mari kita mulai

1.Long Shadow 


Bisa dikatakan ciri yang pertama ini adalah ciri yang sangat mudah dikenal ketika pertama kali melihat flat design. Karena hampir setiap flat design yang dibuat oleh desainer itu, selalu menggunakan long shadow. Fungsi dari long shadow sendiri adalah untuk membuat penekanan cahaya untuk objek flat designnya. Sehingga nampak bahwa objek terkena cahaya yang membiaskan bayangan.

Tahu kan yang mana long shadow? hahaha. Itu loh bayangan yang ada di belakang objek.

2.Warna-warna cerah


Warna yang cerah bisa memberikan kesan menarik dan semangat bagi yang melihatnya. Flat design sering kali memadukan dua warna cerah atau lebih. Namun, Kita juga harus berhati-hati dalam menggunakan warna-warna cerah dari flat design. Karena, Jika salah-salah maka bukannya menarik perhatian malah jadi kusam dan tidak manarik.

3.Jenis tulisan (Typography) yang sederhana


Tidak dipungkiri untuk jenis font, flat design pun memainkan peran besar. Jika Kalian suka melihat flat design. maka akan mudah ditemui jenis font yang digunakan begitu sederhana. Bahkan, font yang digunakan pun adalah font bawaan sistem operasi.

4.Minimalis atau Sederhana


Dan yang berikutnya adalah "Sederhana". Menurutku ini adalah ciri khas yang paling menonjol selain long shadow tadi. Membuatnya pun kita harus memberikan aspek sesederhana mungkin namun tetap mewakili objek yang kita buat. Bisa kita katakan seperti icon yaa.

5. Penentuan kedalaman dengan warna

Apabila kita perhatikan lagi, sesuai namanya bahwa flat (datar) adalah style yang bukan saja melihat dari sederhana. Namun, dari tingkat pewarnaannya. Kita tidak bisa menyebut sebuah objek yang memberikan efek gradasi, efek 3D Sebagai Flat design. Karena disini flat design lebih bermain warna monoton atau warna satu keluarga untuk memberikan efek kedalaman. Bisa juga menggunakan paduan warna lain untuk membuat efek kedalaman. Silahkan lihat contohnya berikut ini


bisa dilihat kan?, dengan menggunakan warna monoton kita bisa memberikan efek kedalaman tanpa menggunakan gradasi atau pun efek 3D.

Bagaimana sahabat kades? apakah begitu sangat bermanfaat artikel kali ini?. Mari berbagi kepada teman, sahabat, kerabat, orang tua, kakek, nenek. dan masih banyak lagi hahahaha.

Mari bergabung di fanpagenya Vektor kades disini

Baiklah aku akhirnya dengan, Terima kasih dan sampai jumpa hahaha :D 

Adalah Seorang Blogger asal Palembang yang Suka Dunia Desain dan saat ini Sedang Masa Kuliah di Bidang Yang sama. Selain itu Aku juga Suka hal-hal yang bernuansa Korea.


EmoticonEmoticon