Wednesday, September 2, 2015

[Review] Sejarah Logo Google, dan Berkenalan dengan Logo Baru Google

Apa khabar sahabat kades semua?, Alhamdulillah aku selalu diberikan kesehatan oleh yang maha kuasa untuk posting artikel di Vektor Kades. Pembahasan kali ini tidak ada menyangkut tentang tips desain atau pun tutorial, Kesempatan ini aku akan sedikit melakukan review tentang logo baru Google (Bisa kalian langsung cek saja yaa). Seperti yang sudah banyak kita tahu yaa, Google adalah salah satu search engine terbesar saat ini (y).




"Cari dimana nih tutorialnya?" Dijawab "Cari aja di mbah gugel" hahahahahahahahaha :D. Ungkapan yang sudah sangat mainstream didengar oleh banyak orang, Tentu hal itu tidak akan terjadi kan kalo si mbah gugelnya sendiri tidak terus mengembangkan diri dari tahun ke tahun (y).

Sedikit cerita yaa, Aku kan maklum yaa setiap hari buka google untuk sekedar mencari informasi dan berita terbaru lokal maupun luar negeri, sekalian juga cari inspirasi desain tren saat ini. nah tapi memang hari ini (02/09) google tampak beda dari biasanya hahaha :D (tidak seperti yang ku kenal *ciaaat).

Kalo kita menilik (Melihat) Lebih jauh kebelakang, tentu untukku sendiri yang namanya kenal google pas masih SMP dan itu juga aku masih bocah sekali hahaha :D :D, Taunya kalo buka google buat main game online hahaha, Kalaupun game online masih lesu sekali tapi pada masanya seru banget hahaha :D. Tapi setelah aku SMA baru deh aku kenal kalo gugel bisa untuk mencari informasi tanpa batas (waaaaaw), Kalo ngak salah itu tahun 2011 yaa hahaha (aku juga lupa)

Oya sedikit bercerita lagi kalo logo Google diciptakan oleh orang yang bernama Ruth Kedar, seorang guru desain di Stanford University. Kemudian menurut riwayat, Pada tahun 1998 pendiri Google yakni Larry Page dan Sergei Brin membuat website yang menjadi cikal bakal google, sebagai proyek kelulusan mereka di Universitas Stanford. (Keren yaa)

Setelah aku membaca bermacam-macam media online, ternyata sih mbah sudah ganti 7 kali logonya :D :D (Kalo vektor kades baru 6 kali hehehe). Kalo kita anak yang sudah kenal sama google dari awal terbentuknya, mungkin akan merasakan begitu banyak perbedaan dari desain logonya sendiri, tapi bukan cuma logonya saja sih, Tampilan antarmukanya aja juga terasa berbeda.

Nah, setelah aku berocehan ria diatas, mari!! aku akan mengajak kalian untuk bernostalgia (jiahahaha). Gimana sih riwayat logo google selama ini (y). Tentu kalian penasaran kan? Apalagi aku hahaha :D :D

1.Tahun 1998



Seperti yang aku jelaskan tadi, kalo si Larry Page dan Sergey Brin membuat google untuk proyek kelulusan mereka (y). Sedikit aku review yaa untuk logonya hahaha :D :D Walaupun mungkin ngak seperti master desain lain, aku akan melakukan review secara sederhana dan sepengetahuanku saja (karena masih amatir hehehe).

Untuk logo pertama ini, menurutku kita akan merasakan suasana yang masih begitu lawas sekali, kenapa?. Karena disini logo google mengadaptasi permainan bayangan (shadow) belakang dan Penggunaan warna yang memberikan kesan menonjol (Bener kan). Kemudian juga terlihat ada tanda serunya (!) didepan yang tentu sudah ngak kita temukan di tahun 2000-an. Untuk masalah cocok atau tidak kembali lagi persepsi masing-masing dari kita yaa (y) hehehehe.

2.Pada 30 Agustus 1998



Tim Google menghadiri festival Burning Man dan membuat Doodle pertama, digunakan sebagai pesan bahwa mereka sedang tidak di kantor, Cukup unik mengingat google saat itu masih menjadi search engine yang kecil dan belum terlihat.

Untuk masalah desain, masih saja tetap sama cuma penambahan icon orang yang berdiri di belakang huruf "O", Untuk logo di tahun ini aku tidak banyak bicara karena memang belum ada perubahan logonya :D :D hahaaha (Maaf yaa)

3.Pada September 1998



Nah di tahun yang sama lagi, Google Kembali mendesain ulang logonya, Namun berbeda dari yang sebelumnya. Google merilis website versi beta untuk dunia, Disinilah mulai meng-globalnya google di dunia (y) dan Domain menjadi www.google.com

Lagi lagi desain yang ditampilkan tidak jauh berbeda sama logo sebelumnya, cuma penambahan kata "Beta" di depan untuk memberikan maksud masih dalam proses pengerjaan (y) Good!!!, Dari pandangan warna, jenis font, tetap mempertahankan huruf jenis Serif.

4.Tahun 1999

Nah ditahun inilah Google mulai beralih tampilan logonya :D :D (Akhirnya yaa), Disini Google menggunakan jenis font Catull yang tentunya tetap menggunakan warna-warni khas google, Penggunaan font sebelumnya yang tebal sudah tidak terlihat lagi. Disini terlihat google sudah begitu mantap, Karena seingatku dulu pertama aku menggunakan google logo inilah yang ada di antarmukanya.

Walaupun penggunaan font tebal yang sebelumnya sudah ditinggalkan, tapi untuk masalah penggunaan bayangan masih mereka pertahankan, kemudian terlihat font juga masih tetap terlihat menonjol :D :D

5.Mei 2010



Logo berikutnya sudah semakin meninggalkan bayangan yang jatuh ke bawah, kali ini Google tampak lebih cerah dan berkilau (jiahahah), Walaupun kita masih dapat menyaksikan bayangan dari font sih :D (Tapi dikit) :D :D. Menurutku logo google yang satu ini sudah keren sekali (kenapa mas?), Karena mulai dari segi komposisi warna dan gradien yang dilakukan pas sekali, sungguh google tetap mempertahankan font yang menonjol yaa hahaha :D :D :D

Dan lagi-lagi logo ini menemaniku saat searching di dunia maya hahaha :D :D

6.Pada September 2013



3 Tahun setelah mengganti logo yang kataku sudah keren hahaha :D, Google kembali merilis logo terbaru, Siapa sangka yaa dari logo yang tebal dan penuh bayangan, Justru kebalikannya google langsung mengadaptasi Flat design yang memang tren saat itu hingga sekarang juga masih tren sih hahahaha :D

Setelah melihat desain logo yang satu ini aku langsung berbeda pandanga hahaha (Labil nih mas kades hahaha), Walaupun ditampilkan begiu flat (datar) nyatanya logo google ini begitu ciamik, sederhana, dan tentunya elegan serta bersih. Tapi untuk penggunaan jenis font masih mempertahankan yang lama yaa :D :D (Belum bisa move on nih hahaha).

7.September (lagi) 2015



Nah, sampai juga sama logo yang paling baru dari sang salah satu Search engine terbesar saat ini. Tentu jangan heran kalo kalian yang hari ini yang belum sempat buka google, karena pas kalian buka pertama kali antarmukanya, kalian bakal disuguhkan sebuah animasi yang menurutku keren beuds hahaha :D.

Pada tampilan awal animasi, kalian akan disuguhkan sebuah tangan sedang menulis kata google menggunakan kapur warna, yang kemudian membentuk logo baru google. Ditampilkan juga logo untuk Favicon dari google di akhir.

Disini google sudah meninggalkan semua peninggalannya, kecuali warna-warni khas mereka, Tidak akan kita temukan lagi Bayangan, Font Serif, Tulisan yang menonjol, hingga tanda seru pun sudah tidak muncul lagi (y).

ada uniknya yang biasanya logo google akan menggunakan huruf "g" kecil sebagai Faviconnya, Maka untuk logo terbaru ini google menggunakan logo "G" besar sebagai logo favicon yang dicampur dengan warna-warni khas mereka. (silahkan kalian cek sendiri yaa hahaha).

Waduh, Cukup panjang juga yaa reviewku kali ini, karena mengingat perusahaan satu ini adalah perusahaan yang notabennya sudah gedhe banget. Jadi, Siapa sih yang ngak mau bekerja disana hahaha :D.

Baiklah aku sudahi artikel review kali ini, Semoga bermanfaat yaa. dan pastinya menambah ilmu kepada sahabat kades di seluruh indonesia (mungkin dunia hahaha). Jangan lupa share dan like artikelku (GRATIS kok) sehingga membuatku semangat tiap hari buat posting.

Silahkan berkomentar, Mungkin ada yang ngak setuju yaa sama artikel ini (Mana orangnya? hahaha :D). Baiklah Terima kasih dan Sampai Jumpa!!


Adalah Seorang Blogger asal Palembang yang Suka Dunia Desain dan saat ini Sedang Masa Kuliah di Bidang Yang sama. Selain itu Aku juga Suka hal-hal yang bernuansa Korea.

2 komentar

Keren memang mas perubahannya itu, saya sendiri merasa takjub atas perubahan logo google tersebut. Makasih banget mas ulasannya.

Perubahaan memang penting, cuma memang harus perlu proses dan rencana yang matang :D :D Terima kasih sudah berkunjung mas Adam, Silahakan datang lagi :D :D

Senang bisa memberikan manfaat banyak orang :D


EmoticonEmoticon