Fenomena Logo Generik

8:27:00 AM

Apa kabar sahabat kades? :D Pada kesempatan kali ini, aku akan membagikan kalian pembahasan yang cukup bagus untuk disimak, apakaha kalian pernah mendengar logo generic?, mungkin sudah banyak yang tahu tentang ini, tapi kebetulan aku lagi pengen nulis artikel tentang hal ini dan juga terinspirasi sama salah satu postingan di KPCI, akhirnya aku bertekad (plak) untuk membahasnya.


Seperti yang sudah kita tahu, setiap hari ada saja orang yang akan menggunakan jasa desainer grafis, entah itu logo, banner, balliho, kartu nama, dll. Dan yang namanya dunia kreatif tentu sulit untuk membatasinya. Namun kadang ada saja sering terjadi kita melihat Logo Generik, (Maksudnya apa mas?). Kalo menurut pendapatku itu adalah logo yang memiliki kesamaan konsep atau bentuk, semisal sama jenis hurufnya, sama penempatan posisi objeknya, pokoknya kalo kita melihat logo generic ini kita pasti akan merasa 'Loh ini sama konsepnya', 'lah ini juga' Kurang lebih begitu menurut pengalamanku sendiri.

Tentu dengan adanya logo generik yang bertebaran, bisa membuat sebuah perusahaan terlihat sama, tidak ikonik, dan tentunya pelanggan akan keliru. karena syarat logo yang baik itu tentu tidak sama dengan sebuah perusahaan mana pun.

Oya aku ada cerita nih, aku kan sering tuh ikut kontes di 99Designs, dan tentunya selalu bersemangat untuk ikut namun aku sering terkejut saat menemukan logo yang menang itu seperti logo yang sudah-sudah, bahkan aku sering sekali melihat tingkat kemiripannya 90% (Apa-apa.an ini). Aku juga kadang bingung apakah klien memilih atas dasar merasa familiar dengan logo jadi dia pilih atau memang mereka salah pencet (hahahah ngak mungkin laa yaa).

Bagi kalian yang sering mengikuti kontes logo dimana pun itu, tentu pernah berhadapan dengan kasus diatas kan? kalo belum pernah silahkan ikuti terus kontesnya hahahaha :D, sebenarnya artikel kali ini aku bukan pengen mengeluh tapi yaa begitu agak sedikit resah (cieeeee).

Makannya, selain aku ikut kontes-kontes desain logo, aku juga menawarkan jasa desain logo di blog karena aku merasa apa salahnya untuk langsung bertemu dengan klien yang membayar untuk kerja keras kreatif kita, tentu dalam mengikuti kontes bukan tidak kreatif melainkan untuk kemungkinan kita menang memang kecil heheheh :D, tapi ada hal menarik disini jika desainer pemula ini pasti tidak terlalu memusingkan entah menang atau kalah. tapi bagi desainer yang sudah profesional tentu sangat menyiksa batin.

Memang tidak ada masalah tentang mengikuti tren logo saat ini, namun baiknya kita sebagai desainer dituntut untuk kreatif dalam mendesain, tentu sebuah perusahaan ingin logonya terlihat ikonik bukan? jadi janganlah buat mereka merasa kecewa nantinya ketika melihat logo mereka hampir sama atau bahkan sama dengan perusahaan lain, selain nama perusahaan mereka yang tercoreng. nama kita pun juga akan tercoreng. (Sad story)

Jadi, bagaimana contoh dari logo generic ini?. aku mendapatkannya dari salah satu website desain yang bagus menurutku, yaitu gtgraphics.org. mari kita simak contohnya

1.Memotong Inisial Perusahaan dengan kurva menjadi dua warna (Biasanya Trajan font)
Bisa dilihat dong bagaimana kemiripan yang bisa aku katakan sejenis ini, karena biasanya penggunaan font pun sama, dan posisi pemotongan pun sama, memang ada beberapa yang berbeda, namun dalam hal konsep menurutku sama saja karena memotong inisial dengan kurva dan membuatnya jadi dua warna, ayo dilihat lebih teliti lagi


2.Dengan Font 'Etnosentris' (bisa digabung atau dipisah)
Lagi-lagi kasus yang sama yaitu penggunaan font yang sama, sebenarnya dari penggunaan font saja sudah bisa kita katakan mirip bukan.


3.Nama perusahaan dengan lingkaran dua warna.
Kalo yang poin kedua tadi masalah jenis fontnya, maka yang ketiga ini adalah masalah lingkaran yang sama dalam bentuk, tentu sering melihat logo dengan lingkaran, namun logo generic yang satu ini memiliki bentuk yang sama, bisa kalian lihat sendiri dibawah


4.Pengunaa font 'Satisfaction'
Jujur aku sangat sering sekali bertemu dengan logo yang menggunakan font ini, entah alasan apa jenis font ini begitu sangat banyak digunakan, bukan hanya sebagai inisial tapi sudah dijadikan sebagai logo tersendiri, bagaimana menurut kalian?



5.Inisial perusahaan didalam kotak
Selain poin keempat tadi, aku juga sering melihat logo ini, aku tidak mau bicara banyak soal yang satu ini hehehe :D bagaimana menurut kalian?


6.Grafis keuangan, menara, dan statistik
Sesuai judul yang aku tulis, biasanya logo seperti ini akan terjadi untuk perusahaan keuangan, investasi, dll.



7.Pohon dengan icon manusia berbentuk 'V'
Lagi-lagi aku tidak banyak bicara lagi hahahha :D


Apa pendapat kalian tentang penjelasanku diatas? apakah sering kalian melihanya? mungkin masih banyak lagi logo-logo generic lainnya. Kalo dari saranku kita kan hidup di atmosfer kreatif tentu kita harus tumbuhkan kreatifitas, entah itu dengan berlatih, jalan-jalan, nonton tayang televisi. dan jangan takut untuk melakukan pendapat dan bertukar pikiran dengan orang yang awam desain. dengan begitu kita bisa tahu selera pasar, tentu tidak semua orang mengerti desain bukan?.

Vektor kades juga menawarkan jasa desain logo loh :D :D Silahkan kunjungi halaman PESAN LOGO disana juga telah aku sertakan beberapa portofolioku, dijamin bukan hanya keren tapi ikonik :D

Tentu pembahasan kali ini sangat bermanfaat untuk kalian yaa, terutama menambah ilmu untukku secara pribadi :D :D :D, Silahkan like dan share artikel ini jika bermanfaat untuk kalian atau orang banyak :D :D :D, silahkan berbagi pendapat dikolom komentar (y) :D :D

You Might Also Like

16 komentar

  1. haha bener tuh pak...
    udah capek2 bikin logo yang beda..eehh yang menang itu lagi..itu lagi...makanya saia belum pernah menang di 99...anti mainstream sih..heuheu..
    tapi blog-nya keren pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha :D Yaa begitulah mas :D :D :D eh iya panggil aja mas atau agan, saya masih imut loh hahaha :D :D. Terima kasih mas (y) Blognya mas Sidiq juga keren (y)

      Delete
  2. bermanfaat sekali Mas..thanks sharingnya..semoga para desainer bisa lebih kreatif lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang bisa bermanfaat untuk orang banyak mas :D :D :D (y), Saya setuju sekali (y)

      Delete
  3. Ha,ha,ha,,,,
    begitu to...
    baru tau....

    makasi tuk postingannya bro....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mas (y) :D :D Silahkan share kalo bermanfaat :D :D

      Delete
  4. sering banget tuh logo-logo seperti itu menang kontes..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata banyak yg sama dengan saya hehehe :D :D Tetap semangat mas (y) (y) :D :D

      Delete
  5. bagus gan, topiknya,
    kemiripan mmg sering kita temui dlm desain,
    salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mas :D :D :D Selamat datang di Blognya mas kades :D

      Delete
  6. keren pembahasannya. memang "lucu" sebanarnya logo mirip smua tetapi beda2 negara yang punya.

    mampir ke blog ane :
    http://www.logo-cdr-vector.blogspot.com/

    ReplyDelete
  7. Logo generik memang sangat menarik untuk dicermati. logo generik sangat gampang diingat, tetapi kemiripan dengan desain lainnya sangat tinggi. tetapi diluar sana (saya pernah merasakan) masih ada klien yang menginginkan logo generik untuk usahanya karena dengan alasan disesuaikan dengan target market usahanya yang kalangan awam. logo yang unik/smart ditakutkan orang tidak memahami dan imbasnya produk usaha tidak efektif untuk dikenal.

    tentu hal ini bukan menjadi kabar baik baik untuk desainer grafis, tetapi kenyataan di lapangan kadang kita hanya bisa mengurut dada :D.

    Semoga semakin banyak orang yang faham pentingnya sebuah logo untuk usaha mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komentar yang bagus mas :D :D hahaha Saya juga kepikiran seperti mas inil udah saya bikin postingan menarik http://www.vektorkades.com/2015/11/hal-hal-yang-harus-diperhatikan-sebelum.html

      Delete
  8. Kalau untuk logo perusahaan keuangan itu kn kbnyakan pke icon grafik keuangan alternatif yg lain apa ya mas simbol yg cocok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sbnrnya itu tergantung sama brief dari klien mereka maunya nampilin kesan apa di perusahaan mereka melalui logo. Cuma, klo dibilang simbol apa yg cocok untuk perusahaan keuangan saya pilih Icon lingkaran bersama dengan warna hijau (y).

      Delete

Support Me

Like us on Facebook