Sunday, June 21, 2015

Tips Dalam Mendesain Kartu Nama

Kita begitu sering sekali bertemu dengan berbagai desain kartu nama, mulai dari perusahaan yang kecil besar ataupun kartu nama untuk perorangan, selain sebagai  media promosi ternyata kartu nama lebih dari itu, bisa kita bayangkan jika kartu nama cuma hanya untuk promosi, jadi bagaimana untuk dari segi brandingnya di mata para pelanggan atau pun masyarakat?

nah, disinilah peran kita sebagai desainer grafis untuk bisa mengkomunikasikan sebuah citra perusahaan dengan menggunakan kartu nama yang digunakan, bukan sebuah perkara yang mudah untuk hal itu, karena desainer grafis harus memperhatikan beberapa hal dibawah ini.



yuk kita simak :D

1.Tahu Tujuan Kartu nama tersebut
Seorang desainer grafis musti tahu tentang tujuan dari kartu nama itu, misalnya kartu nama akan dibagikan untuk konsep keluarga, mitra bisnis, atau pun masyarakat. semua hal itu harus dipertimbangkan dengan baik agar tepat sasaran.

2.Bentuk yang unik
Seperti sudah di kodratkan, manusia akan sangat tertarik dengan hal unik, kita sudah sering kan melihat desain kartu nama yang begitu-begitu saja? dengan garis lengkung-lengkung yang biasa, alangkah baiknya dan seharusnya kita desainer grafis harus berpikir kreatif dan menemukan ide dalam mendesain unik.

walaupun sebenarnya dari bentuk biasa saja, kita bisa menjual dari bentuk desain layout dan pewarnaan, hal itu bisa menarik para pelanggan atau pun masyarakat.

3.Masukkan Gambar dengan sesuai
Dalam penggunaan gambar memang sudah cukup penting dalam sebuah kartu nama, bagaimana mungkin kita ingin mepromosikan produk tapi tidak ada contohnya, client akan bingung dan pergi. begitulah pentingnya sebuah gambar untuk memperkuat kartu nama. namun baiknya kita menggunakan gambar yang original dan tidak berhak cipta untuk menghindari masalah hehe :D

4.Keterbacaan tulisan
Hal ini merupakan poin yang penting karena dengan tingkat ketebacaan tulisan yang baik, akan sangat mudah bagi client untuk memahami isi dan produk kita.

5.Ukuran yang tepat
Walaupun kita mendesain bentuk dengan unik namun menurut pencarianku, ternyata ada ukuran standar untuk sebuah kartu nama di indonesia yaitu 89 x 54mm, walaupun tidak sama ukuran dengan standar itu, setidaknya harus bisa dimasukkan kedalam saku atau pun dompet.

6.Informasi yang benar
Sebuah kartu nama harus dimuat dengan informasi yang sebenar-benarnya, jangan lupa pula untuk menuliskan nama, alamat, nomor telepon, dan informasi penting lainnya. namun tetap ringkas dan mudah dipahami.

7.Desain yang Eye catching 
Sebuah desain yang berhasil adalah mudah diingat, jadi jangan lupakan sebuah desain yang unik dan mudah diingat oleh client.

8.Bahan Percetakan
Setelah mendesain sedemikian rupa, ada kalanya karena masalah bahan percetakan, kartu nama menjadi sangat tidak bagus dan terlihat norak/tidak profesional. alangkah baiknya untuk mensurvei sebelum mencetak kartu nama yang kita buat.

Bagaimana tips dari kades? mantap kan? :D
Silahkan di share dan like serta komen kalo berkenan :D karena dengan begitu bisa memberikanku energi dan semangat untuk memporting tips-tips desain lainnya :D

Kades duluan, sampai jumpa

Adalah Seorang Blogger asal Palembang yang Suka Dunia Desain dan saat ini Sedang Masa Kuliah di Bidang Yang sama. Selain itu Aku juga Suka hal-hal yang bernuansa Korea.


EmoticonEmoticon