Kesalahan-kesalahan desainer grafis

5:23:00 AM

Seperti yang kita ketahui desainer grafis juga manusia kan? jadi yang namanya sebuah kesalahan adalah hal yang tidak bisa kita singkirkan. namun dari kesalahan itulah yang bisa menjadi pelajaran untuk ke depannya, postingan kali ini akan membahas tentang Kesalahan apa saja yang harus dihidari oleh desainer grafis. ada beberapa hal yang berdasarkan pengalaman sendiri dan ada juga menurut pemikiran saya sendiri.

 http://s30.postimg.org/fpys8cshd/Graphic1.png

Kita sering sekali mendesain, namun apakah kita sadar tentang beberapa kesalahan yang tanpa kita sadari telah melenceng atau mempengaruhi desain tersebut mulai dari estetika ataupun dari pemilihan warna serta konsep.

Ayo kita simak bersama :

1.Tanpa membaca brief.
jika teman-teman tidak tahu apa itu brief, Brief adalah informasi dasar dan informasi mendalam dari sebuah perusahaan agar desainer grafis dapat fokus dengan satu konsep yang ditentukan oleh client, tentu saja jika tanpa membaca brief kita layaknya berjalan di dalam gelap tanpa senter. jadi dapat di pastikan desain yang akan kita kerjakan nantinya jika selesai pasti tidak akan sesuai.

2.Tergesa-gesa dan ingin cepat selesai.
Yang namanya desain kita harus tahu apa yang diinginkan client yang kemudian di aplikasikan dalam bidang grafis tentu hal itu bukanlah perkara mudah, perlu adanya survei dan sesi tanya jawab antara client dan desainer grafis. sungguh kesalahn besar kita tergesa-gesa yang akan membuat desain kita tidak profesional

3.Tidak Asli atau Plagiat.
Dalam hal ini adalah sebuah kesalahan yang begitu besar bagi desainer grafis, bagaimana mungkin seorang desainer grafis yang dituntut untuk kreatif malah plagiat dan mencontek karya orang lain. jadi pastikan bahwa karya kita adalah asli.

4.Penggunaan font yang tidak jelas.
Tentunya syarat desain apapun menuntut untuk keterbacaannya font, karena kita harus memperkenalkan brand kepada publik, jadi haruslah mempunyai keterbacaan yang jelas dan mudah dimengerti publik.

5.Efek sana sini
Bisa kita bayangkan desain yang begitu banyak efek, seperti gradasi warna, efek mengkilap, efek tulisan, dan efek yang mengganggu lainnya. yang pasti kita tahu desain haruslah simple namun tetap mewakili. memang ada kalanya kita menggunakan efek-efek khusus namun tidak berlebihan dan tetap tidak menghilangkan informasi yang ingin disampaikan.

6.Permainan warna yang tidak tepat.
Tentunya untuk era zaman sekarang warna sudah menjadi hal penting, sehingga desainer grafis yang profesional harus tahu kesesuaian warna satu dengan yang lain. berikut contoh yang bisa memberikan sedikit gambaran bagaimana pemilihan warna yang tepat satu sama lain.


7.Menolak Revisi dari Client
Adalah kesalahan besar apabila desainer grafis tidak ingin revisi, karena kita tahu client itu memiliki berbagai macam karakter, kita tentunya harus melayani dengan baik agar sang client tidak kabur terutama lagi jika client tersebut adalah client pertama kita.

8.Tidak ada alternatif desain lainnya.
Tentunya client harus diberikan yang terbaik, jika kita memang ingin memberikan mereka kepuasan maka berikanlah beberapa desain alternatif agar mereka bisa memilih.

Demikianlah postingan saya tentang Kesalahan-kesalahan yang harus dihindari desainer grafis, alangkah baiknya untuk kita desainer grafis menghindari hal-hal di atas karena dengan belajar dari pengalaman saya, sahabat kades akan menjadi desainer profesional hehehe :D

Kades duluan, sampai jumpa.

You Might Also Like

4 komentar

  1. Bagus tipsnya, cuma menurut saya kebanyakan alternatif desain juga ga baik..cukup 2-3 alternatif terbaik saja. Kalau memang client belum cocok berarti style anda tidak cocok untuk client tsb, kalau banyak alternatif sama aja tidak percaya diri dengan konsepnya dan sama aja ikut undian berhadiah..hehe..

    salam
    sadhustudio.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya adalah kita musti banyak komunikasi sama client ya mas ^_^ Terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  2. saya masih baru menjadi desainer grafis, juga lagi mulai buat logo untuk orang lain
    kira2 berapa ya harga pembuatan 1 desain logo dengan memberikan 2 alternatif desain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin mas rizky bisa baca artikel saya yang satu ini : http://www.vektorkades.com/2015/05/berapa-standar-harga-dari-desain-grafis.html , Semoga membantu yaa :D :D

      Delete

Support Me

Like us on Facebook