Lebih Jauh Tentang Kontras dalam Desain

11:04:00 PM

Apa kabar sahabat kades yang baik hatinya? (Om Mario Mode). Aku sudah lama tidak menyaksikan acara om mario di televisi karena denger-denger sudah ganti saluran lain. (Kok malah kesana mas?).

Tapi, hari ini aku tidak akan membahas tentang om mario yang udah pindah saluran, atau apa pun itulah yaa hahaha :D. Hari ini, aku akan berbagi tentang Kontras.


Tentu, Untuk menciptkan sebuah kontras dalam sebuah desain bukanlah hal mudah. Namun, bukan juga hal yang sulit. Karena Kontras adalah titik atau pusat perhatian yang ingin kita tampilkan terlebih dahulu. Jadi, ketika orang sedang melihat desain itu, maka akan langsung melihat bagian kontrasnya. Kurang lebih begitu loh yaa.

Lalu, apa itu Kontras?

Kontras dapat dikatakan sebuah perbedaan visual secara signifikan dari sebuah objek terhadap objek lain atau didekatnya. Tentu, Yang namanya kontras selalu digunakan oleh para desainer untuk menciptakan Point of View, atau pusat perhatian.

Cara Membuat Kontras

Sesuai dengan definisi dari kontras yaitu, perbedaan visual yang signifikan bukan?. Aku contohkan antara warna Hitam dan Kuning, Ketika kita letakkan warna kuning diatas hitam, Maka Warna kuning kan menjadi pusat kontrasnya. Lihat dibawah ini contohnya!!


Atau contoh lainnya yang tidak bisa dijadikan sebuah kontras adalah warna merah dan Magenta, Kenapa? Alasannya adalah karena Merah dan Magenta memiliki kekuatan yang sama. Sehingga tidak ada yang dapat dikontraskan. Lihat dibawah ini!!





Kemudian, Ada beberapa pembagian Kontras. ini merupakan hal penting bagi seorang desainer, Sehingga dapat membuat kontras yang tentunya pas dan baik.

1.Kontras Warna


Warna diatas merupan salah satu contoh kontras warna yang baik. Karena pada bagiannya ada yang ditonjolkan atau dijadikan sebuah pusat perhatian bukan?

Dalam hal pengkontraskan warna, ada baiknya kita harus sering melakukan eksperimen. Dengan begitu kita dapat menukan sebuah paduan warna baru, Karena seperti yang kita tahu. ada banyak sekali warna saat ini, apalagi warna yang ada di Software-software yang tinggal kita geser-geser hehehe :D.

2.Kontras Ukuran


Mari perhatikan beberapa contoh desain diatas, Begitu banyak sekali contoh kontras ukuran yang ditampilkan disetiap desainnya. Nah, disinilah peran kontras ukuran. Karena, dengan adanya kontras ukuran dapat menjadi sebuah penegasan, atau pun bisa juga menjadi hal pokok pertama yang ingin disampaikan. Sebagai contohnya adalah Judul Buku, judul acara, dll.

3.Kontras Bentuk

Tentu lagi-lagi kontras adalah perbedaan visual bukan?. Nah, diatas adalah salah satu contoh Kontras Bentuk.

4.Kontras Posisi


Salah satu contoh dari Kontras Posisi adalah pada desain poster. Karena Penempatan objek utama pasti lebih diutamakan, dan biasanya berada di posisi paling besar atau paling depan. Bisa kalian lihat contohnya diatas :D :D

Nah, Begitulah sahabat kades hehehe. Kontras yang baik tentu bukan hanya membuat presentasi keberhasilan desain itu, melainkan juga bisa membuktikan bahwa desain bukan hanya sekedari main warna dan tempel-tempel asal. Karena desain itu perlu juga namanya pemahaman banyak aspek.

Baiklah, Terima kasih dan Sampai Jumpa yaa :D :D

Jangan lupa share, like, dan Komen tentunya :D

You Might Also Like

2 komentar

  1. blognya bagus MATAP!!! sangat bermanfaat..
    share tips mengikuti kontes logo dong mas,
    contact saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang bisa bermanfaat yaa :D :D :D. Insyallah nanti saya buatkan yaa, karena skarang lg kerjain tugas real life hehehe :D

      Delete

Support Me

Like us on Facebook