Sunday, September 6, 2015

Alasan Kenapa Desainer Grafis dibutuhkan

Apa khabar sahabat kades yang baik hatinya? (Om Mario Teguh Mode hahaha). Aku sebelumnya udah share artikel tentang Cara menambah pallete warna di Corel Draw, Kali ini aku akan berbagi artikel yang cukup bermanfaat (insyallah) untuk sahabat kades dimana pun berada.

Kalo kita membahas tentang desainer grafis, tentu tidak akan habisnya bukan? apalagi blogku ini yang membahas tentang desain hahaha :D :D bisa-bisa bikin buku hahaha (Aamiin). Tentu desain grafis disini begitu berperan besar untuk brand sebuah perusahaan, karena dengan tangan-tangan dan otak kreatif mereka bisa membuat perusahaan yang biasa-biasa saja menjadi Wow Fantastic baby (Kok jadi Kpop mania nih hahaha).


Memang banyak sekali tutorial desain, maupun tips desain yang bertebaran di internet dan termasuk blognya mas kades ini hehehe. tapi kalo bicara desain, kita tidak akan bisa cuma berbicara masalah tehnik saja kan? perlu proses dan pemikiran serta ide yang dipikirkan. Kalo boleh jujur (boleh dong mas) Aku belajar desain otodidak loh, seingatku dulu pertama kali belajar mendesain dan ilmu desain saat SMA kelas 2. Tentu ngak seperti sekarang yang udah tahu banyak tentang desain karena sudah masuk di kuliah jurusan desain.

Dulu, semua terlihat bagus dan keren hahaha :D :D. Tapi sekarang setelah aku mulai ngerti desain dan melihat desain lamaku memang terlihat banyak kekurangan, nah disini juga terlihat bahwa pengalaman, proses yang dijalani akan bisa memberikan kita pelajaran (kasih duit ke mas kades hahaha).

Artikel hari ini berjudul Alasana kenapa desainer grafis itu dibutuhkan, pasti sahabat kades sudah bisa membayangkan bukan? (Belum mas) hahaha :D. Ya udah kalo gitu aku akan membahas tentang alasan kenapa desainer grafis dibutuhkan.

1.Menghemat Waktu
Coba kalian bayangkan ada perusahaan yang mau bikin logo, banner, kartu nama, balliho, dll. Tentu tidak akan banyak waktu mereka untuk mendesain hal itu, terlebih lagi kalo perusahaan itu tidak ada orang yang berkompeten di bidang desain. Tentu dengan menyewa atau bahkan memperkerjakan seorang desainer grafis pasti akan menghemat waktu.


 Kita bisa melihat desainer grafis profesional pasti akan tahu apa yang akan mereka lakukan kita bertemu dengan masalah branding ini (y) dan lagi pasti akan menghemat waktu bukan?

2.Desainer Grafis membuat unik perusahaan
Yaah kalo masalah bikin unik perusahaan, pasti sudah menjadi tugasnya sih desainer grafis, dengan mereka mendesain branding (Logo, kartu nama, dll). mareka sudah bisa bikin perusahaan jadi unik, Dengan pemikiran yang kreatif tidak bisa diragukan lagi :D.


3.Pengalaman yang dimiliki
"Sebaik-baiknya guru adalah pengalaman" sering kan denger ungkapan yang sudah aku denger dari sejak SD dan sampe sekarang belum ada yang berani merubahnya hahaha. jadi, lagi-lagi pengalaman yang dimiliki oleh desainer grafis dapat menjadi alasan kenapa mereka begitu dibutuhkan.


Mereka akan tahu apa yang harus dilakukan jika bertemu dengan perusahaan mainan anak-anak, atau perusahaan sepatu, dll.

4.Penuh dengan Inovasi dan Kreatifitas
Kalo ini mah udah jadi makanan hahaha :D, Kalo ngak inovatif dan Kreatif bisa-bisa ternggelam dalam kenangan masa lalu (eh salah). Bisa-bisa bikin tetelan oleh zaman yang bisa kita katakan sudah sangat dinamis sekali kan sekarang.



5.Tahu tren
Seperti yang sudah aku jelaskan berkali-kali, Desainer grafis musti dituntut untuk tahu tren, bukan cuma tren desain aja, tapi termasuklah tren musik, tren fashio, tren politik, tren budaya, dan masih banyak lagi. Karena hal itu juga yang bisa menjadi pertimbangan desainer grafis untuk mendesain.

6.Mudah beradaptasi
Beradaptasi maksudnya disini bukan langsung heboh dan bikin suasana menjadi ramai yaa hahahah :D. Beradaptasi disini bermaksud, jadi kalo sebagai contohnya kita kan ada proyek tuh tentang logo untuk sekolah anak-anak dan saat bersamaan juga mendesain logo untuk perusahaan keuangan nah disinilah pusatnya kalo desainer grafis bisa beradapatasi dengan cepat dalam berbagai kondisi. (ngerti ngak maksudnya? kalo bingung silahkan berkomentar yaa hahaha).



Yaah begitulah berbagai alasan yang sedikitnya dapat aku rangkum hehehe, ada sebagian dari pengalaman dan juga sebagian dari beberapa teman serta web. Sebagai desainer grafis yang terus belajar kita ngak sepatutnya untuk selalu nyaman dan duduk tenang. Kalo kita begitu sama saja jauh dari yang namanya inovasi kan?

Hidup di atmosfer (jiahaha tinggi banget bahasanya mas) kreatif seperti desainer grafis ini cukup bisa membuat pusing namun juga menyenangkan hahaha :D. Tentu untuk banyak calon klien yang akan datang musti tahu alasan ini (y).

Jadi, nanti kalo kalian ketemu sama klien jelaskan apa saja alasan kenapa desainer grafis dibutuhkan, sehingga mereka pun bisa lebih percaya dan dapat mengerti kebutuhan mereka untuk desain :D.

Alhamdulillah sudah di akhir postingan kali ini (y) Semoga bermafaat untuk kalian dan juga orang banyak (y). Silahkan Share dan like artikel ini dengan begitu membuatku semangat bikin artikel yaa hahaha :D :D, Kalo kalian mau berkomentar monggo silahkan berikan saran dan kritik yang tentunya membangun (y) :D

Terima kasih dan Sampai Jumpa!!


Adalah Seorang Blogger asal Palembang yang Suka Dunia Desain dan saat ini Sedang Masa Kuliah di Bidang Yang sama. Selain itu Aku juga Suka hal-hal yang bernuansa Korea.


EmoticonEmoticon