Alasan Kenapa Harga Desain Itu Mahal?

6:36:00 PM

Siapa yang pernah pesen desain sama desainer apapun bentuknya mungkin desain kartu nama, desain logo, desain banner, dll?, Bagi orang yang tidak terlalu berkecimpung di dalam dunia desain mungkin tidak akan ambil pusing tentang hal berapa harga dari sebuah desain terutama desain grafis. Namun bagi desainer sendiri yang namanya harga desain itu harus sesuai dengan apa yang mereka kerjakan.

Lalu, kenapa desain itu mahal? kalo menurut pengamatanku ada beberapa hal yang musti diperhatikan oleh calon pengguna jasa desain ini, yuk kita simak apa saja

1.Ide itu mahal loh dan berharga

Kenapa aku bilang begitu, karena yang namanya ide pasti memerlukan waktu dan pikiran tidak ada yang namanya ide itu langsung datang dalam waktu satu detik, kalo pun ada pasti memerlukan waktu pula untuk mengaplikasikan ke dalam bentuk visual, coba anda lihat arsitek, seniman setiap karya mereka dihargai bisa sampai jutaan, bahkan milyaran nah begitu pula dengan desainer grafis, sebenarnya desainer grafis orang yang bekerja di bidang seni namun seninya dalam bentuk digital.

Ini sedikit gambaran ilustrasi bagaimana proses seorang desainer grafis menemukan ide-ide brilian, tentu saja butuh waktu dan pikiran yang sangat panjang, jadi masih tega kah anda membayar dengan harga yang minim lebih gila lagi gratis

http://blog.riodesign-web.com/wp-content/uploads/2013/12/logo-brainstorm.jpg 

Dari ilustrasi diatas dapat kita simbulkan banyak tahapan yang dialami peranjang grafis untuk mendapatkan desain dan ide yang cemerlang.

2.Pendidikan Desain Tidak Murah

Ini nih salah satu faktor yang sangat benar-benar mendukung kenapa desainer grafis menjual desainnya dengan harga tinggi selain mereka punya pengalaman, mereka pun ketika menjalani pendidikan formal tentang desain perlu untuk mengeluarkan uang yang tidak sedikit, setidaknya untuk kampus yang berlevel sedang saja untuk kuliah per-semesternya Rp.4.000.000 belum untuk membeli peralatan Cat, kuas, Laptop, pen tablet, flashdisk, Dll yang mendukung dalam mendesain. bisa dibayangkan?

lagi-lagi apakah benar dan pantas bagi seorang klien untuk membeli sebuah karya desain dengan harga yang sangat menyiksa, bila kita tengok di negeri ini masih cukup banyak orang yang memandang desain adalah hal yang biasa dan semua orang bisa melakukannya.

Namun kita tengok desainer grafis indonesia yang lebih memilih ke luar negera alasannya karena mereka lebih dihargai di negeri asing dari pada negeri sendiri, bahkan sudah banyak desainer grafis indonesia yang mendunia dengan kemampuan mereka.

3.Gaji untuk teman atau pegawai

Coba kalian bayangkan bagi seorang desainer yang memiliki project pasti pernah kewalahan terhadap projectnya, dan akhirnya memanggil teman atau pegawai untuk membantu mereka, jika kita ibaratkan kalian memesan sebuah logo dengan harga yang sangat minim yaitu Rp.100rb. bagaimana desainer menggaji temannya atau pegawainya itu?, tentu menjadi sebuah pemikiran lain.

aku punya ilustasi lagi nih yang aku dapatkan dari internet, silahkan kalian perhatikan. menurutku sebuah ilustrasi yang sangat bagus dan simple untuk menjelaskan bagaimana kualitas desain itu sebanding dengan harganya

http://blog.riodesign-web.com/wp-content/uploads/2013/12/GOOD-FAST-CHEAP.jpg 
Sumber pyragraph.com

4.Banyak yang dikorbankan

Bisa dikatakan seorang desainer grafis atau siapapun yang berkerja dalam bidang seni pasti akan ada yang ia korbankan, seperti waktu bersama teman, keluarga, atau pacar serta uang. dan mereka akan sangat sibuk dengan pekerjaan mereka. sering kan melihat seniman berjam-jam diruang lukisnya hanya untuk membuat sebuah karya seni yang luar biasa. namun waktu keluarga dan teman mereka korbankan, jadi apakah masih tega untuk membayar desainer grafis dengan bayaran gratis.

Akhir-akhir ini aku lebih sering melakukan update tentang desain serta tips-tipsnya karena menurutku akan sangat membantu teman-teman. karena aku cukup prihatin dengan hal yang namanya desain harga murah, tapi aku udah buat sebuah postingan kemarin tentang Harga standar desain kalian bisa langsung simak saja

Aku akhiri dengan sampai jumpha :D

You Might Also Like

3 komentar

  1. memang masuk akal sih, design itu mahal (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe Terima kasih sebelumnya sudah mampir :D :D

      Iya, Tentu banyak yang musti dipertimbangkan dalam memesan desain terutama lagi kalo sudah memesan jasa orang yang berkompeten dibidangnya (y) :D :D. kita bisa lihat profesi lain yang begitu mahal tapi orang mau bayar, lalu kenapa tidak terjadi dengan desain :D

      Delete

Support Me

Like us on Facebook