Sunday, May 3, 2015

Berapa Standar Harga dari Desain Grafis

Untuk saat ini memang banyak sekali yang masih bingung tentang hal berapa standar harga desain grafis, bisa dikatakan harga seorang desain grafis itu juga akan berpengaruh dengan pengalaman dan brand dari desainer grafis itu sendiri, semakin banyak pengalaman dan merek yang telah ia desain maka semakin besar pula harga desainnya.



Kali ini aku akan membahas tentang harga desain grafis, karena aku sering sekali menghadapi client yang pengen harga murah dan prosesnya cepar, itu kan namanya menceking (bener ngak sih) hahaha, kenapa aku bilang begitu? yaa karena dengan biaya komputer, listrik, AC (mungkin pake) dan peralatan lainnya kan ngak mungkin dibayar dengan harga seikhlasnya (y)

aku beberapa kali nyari-nyari di internet tentang harga dari desain grafis dan hasilnya pun memang sangat banyak dan berbagai versi, namun setelah aku berkunjung di blog ahlidesain.com setidaknya aku mendapatkan banyak pencerahan dan tau bagaimana cara menghitung harga desain.

Gini yaa akan aku buatkan sebuah ilustrasi gimana cara hitung desainnya (y)

Aku seorang desainer yang baru lulus dari sekolah tinggi desain komunikasi visual D3.Sebelumnya aku sudah melakukan beberapa survey UMR di daerah palembang dan UMDnya adalah  Rp. 2 jt sampai Rp. 4 jt. nah jadi berapa biaya desainku untuk per jam?

Aku ingin gajiku perbulan Rp. 3 jt (Aamiin) hahaha :D, Yuk kita rincikan :D

Jam kerja: 8 jam / hari (minus istirahat)
Jumlah hari kerja sebulan: 25 hari. (bergantian sabtu kadang libur kadang tidak)

Jadi index per jam kerja Donni:
Rp. 3.000.000 / 8 / 25 = Rp. 15.000,-

Sehingga dapat ditulis indeks per jam Donni adalah Rp. 15.000,-

Selanjutnya kita akan membahas tentang pengeluaran yang kita keluarkan selama mendesain, seperti penggunaan AC, Komputer, Listrik, Internet, Pulsa Dll. Sesuai dengan apa saja yang kita keluarkan. untukku biasanya bisa mengeluarkan biaya hampir Rp.400.000,- (Internet dan Pulsa) Untuk yang lain aku masih dengan orang tua (hehehe) :D

naaah andaikan aku kedatangan seorang client yang ingin pesan logo untuk perusahaan yang saat ini ingin ia bangun, maka berapa harga dari desainku? Yuk kita bahas bersama :D

Dibawah ini adalah proses dari mendesain yaitu ada 7 tahap yang saling terhubung satu sama lain 
  1. Analisa brief (Memahami Keinginan Klien) :  4 jam
  2. Brainstorming (Memahami konsep desain yang diperlukan) :  6 jam
  3. Proses kreatif (Memahami konsep, sistem dan metodologi) :  5 jam
  4. Draft (Menggambar desain secara kasar) : 4 jam
  5. Pembuatan desain (Desain dibuat dalam bentuk digital) :  8 jam
  6. Revisi (Menunjukkan hasil desain ke client sesuai/ belum) : 12 jam
  7. Final artwork (Final) : 14 jam
  8. Total proses = 53 jam
Jadi, rumus yang sudah aku dapatkan dari ahlidesain.com kemarin adalah :

Rumus indeks kerja x total proses kerja + investasi

jadi 15.000×53+400.000 = Rp. 1.192.000,- , nah sekarang udah kita temukan berapa standar dari desainku kalian bisa langsung mencoba dan menghitungnya sendiri tentunya dengan spesifikasi, pengeluaran, dan proses dari desain itu.

Saat ini vektorkades telah membuka jasa desain logo ataupun desain ulang logo perusahaan, dengan pengalaman sejak 2013 telah membuat vektorkades memiliki banyak client yang puas, untuk info lebih lanjut silahkan kunjung link : http://www.vektorkades.com/2014/07/pesan-logo-perusahaan-anda.html

Bisa langsung kontak :
Email : Khoiril2amri@gmail.com
Handphone : 085664306226
Facebook : https://www.facebook.com/khoiril.amriKA

Adalah Seorang Blogger asal Palembang yang Suka Dunia Desain dan saat ini Sedang Masa Kuliah di Bidang Yang sama. Selain itu Aku juga Suka hal-hal yang bernuansa Korea.

2 komentar

Silahkan, mohon cantumkan sumbernya yaa jangan mencuri


EmoticonEmoticon