Wednesday, April 22, 2015

Klasifikasi Umum Huruf dalam Dunia Desain

Selamat datang di vektorkades.com

Kali ini aku akan menjelaskan tentang Klasifikasi Umum Huruf, Siapa sih yang ngak menggunakan huruf untuk satu hari aja? pasti semua orang selalu menggunakan atau setidaknya pasti melihat, memang huruf ngak bisa kita lepaskan dari kehidupan dunia dewasa ini (eleeeh).

Kalo selama ini kita ngelihat huruf-huruf itu biasa aja, maka kali ini aku akan ubah pikiran kalian tentang itu. karena ternyata sebuah huruf itu punya klasifikasi atau pembagiannya sendiri-sendiri, kalo kalian sering download font yang gratisan di internet (kayak aku) pasti akan sangat sering melihat font dengan jenis "Serif atau Sans" memang dari kedua jenis itulah yang cukup terkenal namun bukan itu aja yang akan aku jelaskan

kalo dijabarkan klasifikasi huruf itu ada 4 yaitu :
1. Huruf "Serif"
2. Huruf "Script"
3. Huruf "Sans Serif" dan
4. Huruf "Decorative/Digital"

Sebelum kita mengenal ciri-ciri dari jenis huruf itu, lebih baiknya kita tahu dulu yaa pengertian dari "Huruf" itu sendiri

Jadi, Huruf merupakan bagian terkecil dari struktur bahasa tulis dan merupakan elemen dasar untuk membangun sebuah kata dan kalimat. Rangkaian huruf dalam sebuah kata/kalimat bukan hanya dapat memberikan makna tapi juga menyuarakan suatu citra dan kesan secara visual.

Gimana ngerti ngak? kalo belum, dibaca lagi dong hahahaha :D, ini nih aku berikan contoh bagian-bagian dari huruf (kalian pasti ngak pernah merhatiin hahaha) naah jadi bisa kalian lihat sendiri deh gimana bagian-bagian pembentuk sebuah huruf :D



Gimana udah puas lihatnya? eiiiittts nanti dulu dong, soalnya kan aku belum jelasin yang jenis klasifikasi huruf tadi :D

sekarang kita akan berjalan sedikit ke masa lalu, kenapa sih huruf dan jenis-jenisnya itu ada dan tercipta?, yuk kita simak aja langsung :D

Kalo menurut sejarah yang pernah aku denger nih dan baca juga, Klasifikasi huruf dibuat berdasarkan atas latar belakang sejarah perkembangan tipografi itu sendiri yang di ambil dari momentum-momentum penting dalam perjalanan sejarah penciptaan dan pengembangan bentuk huruf.

Yups kita kembali lagi ke masa sekarang jangan berlarut-larut dari masa lalu yaa nanti ngak bisa move on whahaha :D

Baiklah sekarang acara puncak (weleh), aku akan menjelaskna pengertian dari pembagian jenis huruf tadi, silahkan disimak ea :D

1. Huruf "Serif" Adalah huruf yang memiliki garis akhir yang pendek pada ujung garis utamanya, biasanya terdapat pada ujung akhir dari karakter huruf tersebut. Serif ini terbagi menjadi 3 kelompok yaitu :

  • "Old Style"
  • "Traditional"
  • "Modern"

Kalo kalian mau lihat contohnya nih aku tunjukin :D



Nahh jadi kalo jenis huruf "Serif" itu bisa kita contohkan seperti di atas :D jadi ada kayak kail di ujungnya, kayak font "Times New Roman"

2. Huruf "Script" terlihat seperti tulisan tangan atau memang tercipta dari contoh tulisan tangan yang memberikan kesan Elegan, pribadi atau bahkan dapat berkesan kegembiraan, kekanak-kanakan, sportif.

Gimana udah bisa bayangin kan :D nih contohnya



Jadi memang intinya kayak tulisan tegak bersambung yang kita pelajarin saat sekolah dasar :D

3. Huruf "Sans Serif" adalah jenis huruf yang tidak memiliki serif/kait. pada dasarnya ketebalan garis sama besar dengan ketebalan bentuk hurufnya.

yaah udah bisa ditebak yaa, jadi kalo huruf "sans serif" itu tulisan yang biasa aja ngak ada aneh-anehnya :D hahaha (Gendeng).

ini nih contohnya kalo mau lihat :D ngak mau lihat juga ngak apa-apa :D



Yaa gitu deh pokoknya ngak aneh-aneh :D

4. Huruf "Decorative/digital" adalah jenis huruf yang digunakan untuk keperluan periklanan atau memberikan penekanan. jenis huruf ini mudah dikenali dan digunakan, berkarakter dan sangat menyenangkan untuk dilihat


langsung lihat aja deh



Nah kalo jenis huruf decorative itu kebalikan dari sans serif, jenis huruf ini akan sangat bebas bahkan sangat radikal karena sering banget bentuk hurufnya kadang pecah-pecah atau kayak ada bekas gigitan nah itulah decorative. :D

waaah lama juga yaa aku jelasinnya :D tapi namanya ilmu kan ngak ada yang instan, jadi kalo kalian mau paham baca dari awalnya kalo udah baca dari awal pasti ngerti :D

Jadi, dapat disimpulkan setiap jenis memiliki identifikasi visualnya yang berbeda-beda menurut struktur dalam fisik huruf.

Kalo gitu aku udahan dulu yaa :D udah long post :D, kalo mau lihat tutorial dan tips lainnya bisa dilihat di bawah postingan ini :D

Oya kalo mau pesen vektor langsung kesini aja yaa : PESAN VEKTOR atau langsung Add Fesbuk aku : Khoiril Amri (Ar-rukhu)

Sampai jumpa :D

Adalah Seorang Blogger asal Palembang yang Suka Dunia Desain dan saat ini Sedang Masa Kuliah di Bidang Yang sama. Selain itu Aku juga Suka hal-hal yang bernuansa Korea.


EmoticonEmoticon