"/>

4 Cara Mendesain logo yang Mudah diingat

Halo sahabat kades, kembali dengan mas kades alias mas khoiril amri

Kali ini aku akan membahas tentang logo. Logo bisa dikatakan sebagai wajah dan identitas bagi sebuah perusahaan yang merupakan elemen penting yang memberikan kesan pertama ketika seseorang melihat perusahaan tersebut.

Mulai dari bentuk, kata-kata, dan setiap elemen yang digunakan dalam sebuah logo adalah penting dan tidak bisa ada yang disebelah matakan.

Tentu saja, jika melihat begitu vital perannya. Logo haruslah dipersiapkan dengan perencanaan yang matang dan pemikiran yang tentu saja tidak bisa dikatakan "Mudah". Jadi, sangat diragukan ketika anda membuat sebuah perusahaan namun tidak memiliki logo yang notabenenya sebagai wajah perusahaan.
Hasil gambar untuk Apple

Bagaimana bisa orang mengenal perusahaan anda tanpa adanya logo? Oke, kita sebut saja anda telah memiliki sebuah logo yang telah dipersiapkan dengan matang. Namun, ada sedikit pertanyaan yang muncul.

Apakah Mudah diingat?. Nah, seorang desainer grafis tentu memiliki ilmu dalam hail ini. Mereka paham betul tentang menjadi standout dan mendesain logo bagi klien mereka. Mereka paham betul bagaiamana membuat logo anda dapat mudah diingat dengan paham-paham yang mereka sudah pelajari.

Memang, logo yang baik harus juga diiringi dengan marketing yang juga baik. Logo yang tidak dipromosikan juga akan mati karena siapa yang bisa tau jika anda tidak memberitahu kepada khayalak luas melalui marketing.

Maka dari itu, aku sangat senang sekali membahas tentang cara membuat desain logo yang mudah diingat.

Berikut adalah 5 Cara Mendesain logo yang Mudah diingat

1.Keep it Simple!

Hasil gambar untuk mitsubishi logo


Desain yang baik tentu tetap harus sederhana (simple). Kenapa begitu?

Pikirkan logo anda dilihat oleh orang kurang dari 1-5 detik saja dan harus membuat orang ingat, tentu saja dengan logo yang rumit orang-orang akan sangat sulit untuk mengingat logo anda.

Tentu saja, logo yang sederhana lebih cenderung berfungsi dengan baik dalam berbagai pengaplikasian dan penggunaannya.

Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan :

  • Gunakan tidak lebih dari empat kata (atau 30 karakter).
  • Gunakan tiga atau empat warna saja.
  • Gunakan satu gaya desain saja
  • Hindari elemen tipis untuk jenis dan karya seni.

2.Apa yang ingin anda tampilkan?

Photo by Kyle Hinkson on Unsplash

Sangat penting untuk logo dapat mempresentasikan secara akurat dari perusahaan dan produk anda. Jangan sampai apa yang ingin anda sampaikan malah berbeda dengan produk dan visi perusahaan anda.

Pertimbangkanlah tentang arti warna, bentuk, elemen, dan bagaimana logo anda dapat mempengaruhi audiens agar membeli produk anda. Jika anda tidak ingin logo anda malah menjadi bumerang, ada baiknya percayakan desain logo anda kepada desainer grafis yang paham betul tentang hal itu.
  • Kuat: Bentuk geometris
  • Tradisional / canggih / dihormati: Serif
  • Hangat / peduli / inovatif: Garis organik
  • Trendi / menyenangkan / keren: Ilustrasi
  • Approachable: Bentuk yang menyentuh
  • Edgy: Huruf awal

3.Gunakan warna dengan bijak

A magnifying glass on a color chart

Warna bisa menjadi hal yang begitu penting untuk dapat menarik perhatian audiens.

  • Pilihan warna dapat menarik pengguna ke dalam desain dan mengatakan sesuatu tentang merek Anda.
  • Logo yang bagus bekerja dalam warna penuh atau dalam aplikasi satu warna.

Dalam menjaga desain logo sederhana, tetap pada palet warna sederhana. tidak lebih dari tiga warna untuk desain logo. Gaya desain logo yang lebih halus saat ini sedang trendi. (Bahkan MasterCard baru saja pindah ke versi yang lebih datar dari sepasang lingkaran yang saling terkait.)

Dibuat dengan desain yang datar dan ide-ide yang muncul dari material desain adalah dari warna-warna cerah yang tentu saja itu sangat baik dan sedang disenangi oleh semua kalangan. tapi tetap harus selalu diingat jangan berlebihan dalam menggunakan warna, jangan sampai niat ingin tampil trendi dan standout malah berefek sebaliknya.

Tentu saja, anda sangat ingin menggunakan logo tersebut bertahan bertahun-tahun (seperti Coca Cola dan merek-merek besar lainnya) oleh karena untuk tetap bisa menggunkan warna-warna dengan aksen yang sedang tidak trendi saat ini. Karena, bisa dibilang tren desain khususnya logo setiap saat berubah dan anda harus bisa diawal untuk melakukan antisipasi.


4.Jauh-jauh dari Graphic Stock dan Clip art

Gambar terkait

"Yang dibutuhkan sebuah logo adalah orisinil dan asli yang membuatnya menjadi berbeda"

Jangan memaksakan clip art. Logo akan terlihat agak konyol dan amatir. Itu tidak akan terasa spesial dengan cara apa pun. Dan jika Anda ingin mendesain logo yang mudah diingat, itu harus khusus dalam beberapa cara. Itu harus berbeda dari yang lain di luar sana dan berdiri terpisah dari pesaing. Menggunakan clip art mungkin cepat, tetapi itu tidak akan membantu Anda memenuhi salah satu kebutuhan lainnya.

Kesimpulan

Proses pembuatan logo tentu memiliki banyak sekali proses dan pemikiran yang bisa dikatakan tidak mudah, akan banyak yang yang harus dipertimbangkan agar logo itu dapat menjadi dapat diingat oleh audiens yang melihat dan akhirnya mereka menjadi ingat.

Tentu saja, anda harus mengambil salah satu langkah penting yaitu menyewa, memperkerjakan seorang desainer grafis untuk keperluan logo anda atau bahkan untuk keperluan semua branding yang anda ingin tampilkan ke semua khalayak luas.

Ada baiknya untuk dapat mempertimbangkan 4 poin yang sudah aku jelaskan diatas agar dapat membuat logo anda menjadi mudah diingat.

Baiklah apakah pembahasan kali ini bermanfaat?
silahkan berkomentar dan bagikan kepada orang-orang terdekat dan juga jauh

Terima kasih dan Sampai Jumpa!!






No comments:

Powered by Blogger.