"/>

Haruskah Seorang Desainer Grafis Bisa Menggambar?

Halo Sahabat kades apa kabarnya hari ini? Semoga saja tetap semangat ya hehe

Hari ini aku ingin berbagi pendapat tentang sebenarnya seorang desainer grafis itu diharuskan bisa menggambar atau tidak?.

Tentu, sahabat kades disini ada yang sudah masuk, baru mau masuk, atau baru tau tentang desain grafis tapi masih bertanya-tanya juga soal gambar-menggambar.

Dalam kesempatan kali ini aku sangat ingin sekali kita untuk membuka pikiran yaa (Open Minded) agar pendapatku ini juga bisa diterima dan kalian renungkan. Intinya yaa hasil akhir tertuju ke masing-masing dari kita.

Nah, kalo bicara soal apakah harus seorang desainer grafis bisa menggambar?


Photo by 
Peng Li on Unsplash

Aku akan membahasnya pelan-pelan biar ga terjadi kesalahpahaman diantara kita haha. Terutama bagi sahabat kades yang mungkin saja akan mau masuk dunia desain grafis dan masih bingung karena tidak memiliki kemampuan dalam menggambar.

Sebelum aku menjawab, tentu sebagai seorang desainer grafis kita harus mampu membaca detail, membaca visual, dan melihat berbagai sudut pandang yang berbeda dari kebanyakan orang lihat yang tentu saja orang begitu menyukai kemampuan kita dan butuh tapi sayangnya apresiasi yang tidak seimbang.

Namun, yang menjadi masalah adalah kita (desainer grafis) bukanlah robot yang memiliki berbagai kemampuan tanpa batas yang bisa dimasukkan segala hal. dan tentu saja kita bukanlah desainer senior yang dalam hitungan detik mampu membuat sebuah desain.

Mari kita lihat pengertiannya, Desain Grafis adalah sebuah Komunikasi visual untuk menyampaikan sebuah informasi efktif dan Efisien dengan menggunakan gambar, text, dan berbagai elemen visual lainnya dengan tujuan Komersil.

itu pengertian yang tentu berdasarkan pendapatku selama menggeluti dunia desain grafis dan menjadi mahasiswa DKV.

Nah, jika kita melihat dari pengertiannya saja apakah ada penyataan tentang "Desain Grafis itu harus bisa gambar" tentu saja tidak kan?

Menjadi seorang desainer grafis itu bukan tentang seberapa baik kamu menggambar tapi seberapa baik kamu melihat karena ini adalah tentang visual bukan? dengan banyak melihat kita akan bisa menjadi seorang desainer grafis yang efektif dan efisien.

Desainer grafis yang fundamental tentu memiliki keahlian dalam hal pemahaman kecerdasan spasial yang dalam membayangkan bangun ruang, Warna, garis, titik, dan hal-hal fundamental (dasar) dengan baik.

Aku secara pribadi, bukan orang yang dapat dibilang bisa menggambar. tapi apakah aku hanya berkata "tidak bisa"?

Jika ditanya seorang desainer grafis haruskah bisa menggambar, jawabannya sangatlah mudah dari pembahasanku diatas. Yaitu, Harus aku ulangi 'HARUS"

Kenapa aku berani bilang "Harus"? karena, jika kamu ingin menjadi desainer grafis kamu harus bisa menggambar untuk dapat menyalurkan ide-ide. karena kita tidak bisa kan selalu didepan laptop atau komputer dan alat-alat elektronik lainnya.

Nah, jika aku memberikan nilai untuk diriku sendiri. maka aku akan memberikan nilai menggambarku 4 dari 10. Lihat? tidak sampai setengah, tapi apakah 4 akan selalu menjadi 4 setiap saat?

Aku ingat dulu hanya menjadi seorang yang 0 tanpa kemampuan menggambar, dan hanya mengandalkan kemampuan software, dan pada akhirnya aku menemukan titik aku tidak dapat bergerak sama sekali karena ketergantungan terhadap suatu hal.

Tapi, apakah "WAJIB"?

Aku akan menjawab "Harus: tapi tidak "Wajib" alasannya sangat mendasar dan tentu kalian sudah bisa memahami maksudnya.

Baiklah sahabat kades, mungkin segitu dulu pembahasanku tentang hal ini. mungkin disini masih banyak yang harus aku jelaskan inshallah dikesempatan berikutnya akan aku bahas lagi.

Silahkan kalian share dan juga komen berikan pendapat kalian tentang hal ini.

Terima kasih dan Sampai Jumpa

No comments:

Powered by Blogger.