Seperti apa Tren Desain Logo di tahun 2016?

8:58:00 AM

Apa kabar sahabat kades? :D :D Di awal tahun yang indah ini. Aku akan membahas tentang Perkiraan seperti apa tren desain logo di 2016?. Mengingat (cie flashback) di tahun 2015 lalu, Tren tahun lalu memang begitu meningkat dan tinggi perhatian besar kepada Flat Design.


Namun, di tahun 2016 ini. Flat design tentunya tidak akan bisa lagi duduk tenang, karena sudah mulai bermunculan style atau gaya desain yang sebenarnya sudah lama, yang kemudian muncul kembali.

Untuk desainer logo sendiri, tentu bukanlah hal yang relavan jika hanya menggunakan gaya yang itu-itu saja. Karena, aku pun sendiri merasakan adanya kebosanan jika terus menerus menggunakan gaya yang begitu melulu.

Maka dari itu, perlu adanya inovasi dan kreativitas yang terus harus dikembangkan oleh kita sebagai desainer grafis, Khususnya Desainer Logo.

Dalam banyaknya pembicaraan di internet tentang Tren desain logo di 2016, Aku sedikitnya mendapatkan beberapa referensi yang menurutku hampir sama dengan perkiraanku juga. Jadi, ini murni hasil pengamatanku sendiri dan dibantu juga oleh salah satu web desain grafis Jagodesain.

Terlihat ada beberapa tren desain diperkirakan bakal bersinar di 2016.

1.Tehnik Monoline

Tehnik yang satu ini adalah tehnik yang menggunakan line (Garis) untuk dijadikan logo. Tentu, dengan sentuhan sederhana alias simple membuat logo jenis ini diperkirakan bakal bersinar.



2.Tehnik Ruang Negatif (Negative Space)

Tehnik ini sudah menjadi tren sejak 2015 lalu, dan ternyata diperkirakan masih akan tetap menjadi tren di 2016 ini. Kenapa?

Karena, Tehnik ruang negatif ini akan memberikan sebuah pesan tersembunyi melalui ruang negatifnya. Yang terkadang kita harus berkali-kali memperhatikannya baru bisa menemukan pesan dan ruang negatifnya. Menurutku, sebuah tehnik desain yang masih cocok untuk 2016 ini.




3.Tehnik Retro (Vintage)

Tehnik yang memang bisa aku katakan sangat jarang aku gunakan (ehehehe). tenyata menjadi tren juga di 2016. Mungkin dikarenakan tehnik ini menggunakan ornamen yang elegan. Setelah sering berkeliling-keliling, kebanyakan perusahaan yang menggunakan logo ini adalah restoran, cafe, atau pun klub motor gede.



4.Tehnik Shaded

Tehnik yang memberikan kesan modern dan trendy. Karena pada tehink ini, kita akan menemukan gradasi yang tentunya tidak berlebihan. Sehingga, membuat perusahaan akan tampil menawan, modern, dan trendi tentunya.



5.Tehnik Flat Design

Tehnik yang menjadi primadona untuk Mobile dan Web ini, diperkirakan masih tetap bertahan. Karena, mengingat kebutuhan desain yang sederhana namun mewakili. Membuat flat design masih kuat. Tentu, Kekuatan yang menjadi nomor satu dari Flat Design adalah Pemilihan warna yang cerah nan tepat.



6.Tehnik Wordmark

Tehnik yang mengedepankan fungsi dari Tipografi alias font atau tulisan ini, akan terus bangkit di 2016 ini. Mengingat begitu banyak perusahaan yang sudah mengganti logo mereka menjadi wordmark, seperti contohnya NBC.




Bagaimana sahabat kades?, Apakah kalian sudah mendapatkan gambaran tentang tren desain di 2016 ini?.

Dalam merancang sebuah desain logo yang baik, tidak ada seorang pun yang hanya menggunakan satu tehnik saja. Karena disini, peran seorang klien atau perusahaan ini pula penting dalam proses pembuatannya. Jadi, sebuah salah kaprah jika kita hanya menggunakan satu tehnik saja. Karena, akan membuat kita akan mengalami kurangnya inovasi.

Namun, lagi-lagi ini hanya sebuah perkiraan. Bisa saja ketika kita lalui tahun ini, banyak sekali tehnik yang baru atau bahkan yang sudah lama tidak dibuat malah menjadi tren dan mengalahkan tehnk flat design. Kita tunggu saja yaa!!

Baiklah, Terima kasih dan Sampai Jumpa! :D

You Might Also Like

3 komentar

  1. teknik monoline sama negative space yang paling berkesan menurut saya nih, kak. maknanya tidak sesederhana yang tampak di mata. kalo flat design, wah itu udah jadi mainstream nih, jadi gak seru lagi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya lebih suka sama shaded, negative space, sama flat design hahaha :D :D.

      Namun, kesan mainstream memang terjadi karena sekarang udah banyak sekali orang yang pake. Namun, lebih dari itu flat design bagus dalam penyampaian informasi yang mudah dimengerti :D :D hahaha

      Delete
  2. Mudah mudahan gaya vintage, soalnya paforit saya.hehe

    ReplyDelete

Support Me

Like us on Facebook