Wednesday, July 15, 2015

4 Kerugian Desain Gratis Untuk Desainer Grafis

Apa kabar sahabat kades :D, Sudah terlalu lama sendiri (eh) Sudah terlalu lama aku tidak update nih hehehe, karena lagi sibuk untuk ngurusin blog sebelah dan juga ngurusin tugas kuliah untuk UAS, kalian mungkin heran kenapa kok UAS baru sekarang?, Aku paling bisa bilang "Ya begitulah" hehehe.



Pada postingan kali ini, aku akan membahas tentang kerugian yang akan dialami oleh desainer grafis kalo desainnya gratis, mungkin sebenarnya kata gratis itu bisa banyak macamnya, gratis bersyarat atau gratis (yaa gratis). Karena banyaknya cerita-cerita dari Grup KPCI yang aku ikuti di fesbuk tentang masalah desain gratis atau desain yang di murah-murahin :').

Selain alasan itu, aku juga terinspirasi oleh postingan salah satu anggota grup KPCI yang "memposting Kerugian Desain Gratis" tapi aku lupa namanya (Maaf yaa mas :D Silahkan komen kalo merasa :D). Dengan beberapa alasan itu aku pun melakukan beberapa riset apa saja yang akan dialami oleh desainer grafis jika mereka gratiskan desain.

Ayo kita simak satu-satu

1.Mubazir Ide
Yang namanya ide yaa berasal dari sang desainer sendiri serta oleh yang maha kuasa juga. jadi tidak mungkin untuk bisa mengratiskan sebuah desain, mengingat ide bukanlah hal yang mudah, orang kadang bisa mendapatkan ide namun mempunyai kendala dalam penyampaian atau pun sebaliknya.

2.Mubazir Tenaga
Yaa lagi-lagi memang dalam proses mendesain tentu perlu tenaga, tenaga disini dimaksudkan makanan, minuman, dll yang menjadi penunjang pula selama desainer mendesain maha karyanya. kalo ngak makan-makan yaa mana ada tenaga hehehe :D

3.Mubazir Uang
Ini nih yang sangat benar-benar menjadi permasalah, bagaimana mungkin sudah mendesain bagus-bagus keren dan menguras listrik berjam-jam tapi tidak dibayar. sama saja mubazir uang kan :( Perlu untuk di pertimbangkan

4.Mubazir Waktu
Waktu adalah suatu hal yang tidak bisa di putar balikkan lagi (lain kalo deja vu yaa hehehe), Seperti itulah yang sering orang bilang dimana-mana. orang juga sering mengatakan 'waktu adalah uang' jadi alangkah baiknya untuk tidak mengratiskan desain kita yaa

Bagaimana sahabat kades? menurutku, bukan hal yang rendahan jika kita melakukan desain gratis untuk beberapa keperluan, misalnya untuk bisa mendapatkan feedback/umpan balik dari teman atau instansi yang kita gratiskan itu, dan juga mungkin untuk keperluan promosi brand kita agar bisa dikenal oleh banyak orang.

Kalo menurut kalian bagaimana tentang masalah Kerugian Desain Gratis Untuk Desainer Grafis ini? Silahkan share dan like, jika ingin berkomentar silahkan, mungkin sahabat kades mempunyai pandangan lain tentang kasus yang satu ini.

Adalah Seorang Blogger asal Palembang yang Suka Dunia Desain dan saat ini Sedang Masa Kuliah di Bidang Yang sama. Selain itu Aku juga Suka hal-hal yang bernuansa Korea.

2 komentar

Ha,ha,ha.....
benar bos...
kadang orang tidak sadar akan hal itu....
dan meremekan para desainer grafis, jadinya ya, desainer gratis...

http://begitusudah.blogspot.com/

yaa begitulah ^_^ Sebagai desainer dan blogger kita musti saling mengingatkan dalam kebaikan :D :D :D. namun alangkah baiknya kita pikirkan dulu sebelum menerima client :D :D :D

Terima kasih sudah berkunjung :D :D :D


EmoticonEmoticon