Review Logo Baru BRI Liga 1 Tahun 2021, Berikut Penjelasan Filosofisnya

Logo baru BRI Liga 1 2021 untuk musim 2021/22 Resmi diluncurkan. logo baru ini disiarkan langsung melalui LIVE streaming yang dilakukan oleh Bank BRI, selaku Sponsor utama untuk Liga 1.


Bukan hanya logo baru saja, namun warna biru khas Bank BRI ditonjolkan dalam logo ini.





Perpaduan warna putih dan biru, nampak begitu kontras dan bisa dibilang sama-sama memiliki kecocokan.


Jika dilihat, Logo Baru BRI Liga 1 2021 ini sangat begitu berbeda dengan logo Liga 1 yang sebelumnya. yang cenderung menggunakan warna dominan orange.


Menurut keterangan dari pihak yang berwenang, logo baru ini berbentuk garuda dan di sisi yang lain juga membentuk sebuah bola.


"Dalam pembuatan logo BRI Liga 1 2021/22 ini kami sudah memikirkan banyak hal, tidak cuma estetika saja. Pada logo tersebut, ada bentuk kepala burung garuda, ini adalah lambang persatuan NKRI," kata direktur utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita, Kamis (12/8).


Tangkap Layar Video LIVE Streaming Lauching Logo Baru BRI Liga 1


"Secara umum kita artikan sebagai keberanian, semangat pantang menyerah, ketahanan, kebanggaan, lalu ada bentuk bola, sesuai dengan olahraga yang kita geluti, berarti persatuan."


"Garuda dan bola ini jadi simbol ketahanan, keberanian, semangat pantang menyerah untuk sepakbola Indonesia, dan semoga sepakbola Indonesia bisa terbang tinggi, mudah-mudahan bisa jadi logo yang ikonik, dan jadi kebanggaan bagi kita semua,"  Dilansir dari goal.com


Begitulah penjelasan dari Pihak yang berwenang tentang Logo Baru ini.



Pendapat

Aku apresiasi dari pihak-pihak yang berwenang untuk melakukan pembaharuan logo baru ini yang mencoba untuk menciptakan identitas yang kuat dengan menggunakan garuda sebagai ikon utamanya.


Namun, seperti pada postingan soal logo Liga 1 yang sebelumnya aku sama-sama sudah menduga bahwa ketika nanti akan ada perubahan sponsor maka logo akan berganti lagi.


Dan benar saja, ganti sponsor ganti logo.


Menurutku, cukup disayangkan memang pergantian logo yang terus menerus ini malah membuat identitas utama dari liga 1 indonesia tak dapat dikenali.


Baru saja kita disuguhkan logo orange untuk diingat, malah muncul lagi logo yang baru dengan nuansa biru.


Menurutku, alangkah baiknya menciptakan 1 saja ikon utama sebagai identitas visual dan mampu diingat dalam waktu yang lama, kemudian apabila memang ada pergantian sponsor utama bisa dibuat bersandingan saja tanpa mengubah logo utama.



Tangkap Layar Google Images


Coba kita lihat logo Premier league yang sebelumnya hingga saat ini, memang dari segi bentuk, posisi, maupun ikon berubah, namun ada satu hal yang tetap dipertahankan.


Yaitu, Ikon Singa


Menurutku, Logo baru BRI Liga 1 bisa mencontoh hal ini sehingga terciptalah sebuah identitas baru yang kuat. Bisa menggunakan garuda atau bentuk yang lain.


Apabila kita mencoba untuk lebih luas melihat, logo antar liga pun memiliki perbedaan satu sama lain.



(Dari Kiri ke Kanan) Logo Liga 1, Liga 2, dan Liga 3


Ini adalah logo liga-liga yang ada di Indonesia untuk musim lalu, kalo diperhatikan memang tidak ada sinergi antara satu sama lain.


Jika orang yang belum pernah melihat, bisa saja orang pikir ketiga liga ini tidak memliki keterikatan satu sama lain.



Logo Thai League


Coba kita lihat salah satu liga yang ada di Asia Tenggara yaitu Thai League. Menurutku, sistem logo mereka sangat mudah sekali dikenali.


Hanya dengan membedakan setiap liga menggunakan warna, mereka tetap bisa dikenali karena memiliki satu bentuk ikonik sebagai identitasnya.


Menurutku, Liga1 pun juga bisa melakukan hal ini sebagai bahan inspirasi dan referensi.



Kesimpulan


Dalam pergantian logo baru BRI Liga 1 2021 ini, menurutku sah-sah saja. karena memang ada banyak sekali faktor yang membuatnya menjadi berganti.


Dan salah satunya adalah karena pergantian sponsor.


Namun, menurutku menciptakan identitas utama sebagai pengenal juga penting untuk dilakukan. agar masyarakat tidak salah dan bingung dengan logo mana yang harus mereka kenali dan ingat.



VIDEO LIVE STREAMING




Demikian pembahasan tentang Makna dan Filosofi logo baru ini. Semoga dengan logo baru ini bisa membangkitkan persepakbolaan di Indonesia yaa

Ada pendapat tentang logo baru BRI Liga 1 ini? tulis di kolom komentar yaa


Baca juga : 



Posting Komentar

0 Komentar

advertise

Slider Parnert

Subscribe Text

Offered for construction industries