"/>

[Review] Bagaimana Tampilan Baru Gmail 2018? Hmm Ayo kita Simak!!

Halo Sahabat Kades! bertemu lagi dengan mas kades alias mas khoiril amri

Kali ini aku akan berbagi dengan kalian sedikit Review dan pendapatku pribadi tentang pembaharuan tampilan dari Gmail yang pada hari ini secara resmi sudah berganti. Tentu saja, aku awalnya ga tau kalo udah berganti.



Tapi, aku mendapatkan info dari salah satu media daring akhirnya aku pun mencoba untuk melihat apakah Gmailku sudah berubah?

dan Ternyata "Belum" haha.

Namun, apakah aku menyerah? Tentu saja tidak haha. Aku akhirnya mencoba-coba menu settings dan ternyata sudah ada pilihan untuk merubah ke tampilan baru.


dengan adanya menu itu akhirnya aku pun langsung saja klik dan penasaran bagaimana tampilannya, apakah kalian juga penasaran?

Yuk kita lihat dan perhatikan setiap detail dan sudutnya, mungkin ada bagian-bagian yang akan sangat menarik dapat kita bahas.


Ketika pertama kita akan langsung ditunjukkan sebuah tampilan animasi logo dari Gmail yang seperti biasa gaya animasi dari Google yang Smooth.

Jujur, aku suka sekali dengan animasi loading yang satu ini walau bisa dibilang cukup makan waktu yang cukup lama (sekitar beberapa detik) dari versi Gmail sebelumnya. Namun, sebagai penikmat visual aku sangat menyukainya haha.



Semua terlihat baru

Gmail sudah dirubah total dengan tampilan baru . Segala sesuatu dari sisi kiri ke tombol tulis berbeda. Bahkan ada bar baru di sebelah kanan untuk add-ons. Tetapi yang terpenting, dengan Gmail baru, kamu dapat melihat dan mengklik lampiran di kotak masuk tanpa harus membuka pesannya.



Gmail Menggunakan AI (bukan Adobe Illustrator yaa haha)

Gmail telah mulai memanfaatkan teknologi AI Google. Misalnya, dengan fitur Nudging, Gmail dapat secara proaktif mengingatkan kamu untuk menindaklanjuti atau menanggapi pesan. Dan dengan Balasan Cerdas, pertama kali diperkenalkan tahun lalu ke aplikasi seluler Gmail, kamu dapat dengan cepat menanggapi email menggunakan tanggapan yang disarankan secara otomatis yang akan dilayani Gmail di web.

Kamu juga akan melihat pemberitahuan prioritas tinggi (tersedia di aplikasi web Gmail dan aplikasi seluler). Ini memberi tahu ketika Kamu menerima email penting. Namun Google mengatakan tujuannya adalah untuk mengurangi interupsi.

Terakhir, Gmail sekarang dapat dengan cerdas merekomendasikan kapan berhenti berlangganan dari berbagai email. Saran ini didasarkan pada berapa banyak email yang kamu dapatkan dari pengirim dan apakah kamu benar-benar membaca email tersebut. dengan fitur itu juga dapat mengurangi beban yang begitu banyak namun tidak pernah kamu baca.

Tampilan

Kesan awal adalah "Begitu berwarna tapi tetap Bersih". Terdapat menu disebelah kiri tombol untuk membuat pesan baru dibuat dengan Rounded dan tidak lupa ada kesan Material desain disana yang menjadi ciri khas dan tren desain google saat ini.

Pilihan Kotak masuk, berbintang, dll pun dibuat Rounded dibagian sisinya. Ketika kamu mengarahkan mouse kesana maka akan berubah menjadi warna merah khas Gmail.


Kesimpulan

Secara keseluruhan, Tampilan dan Fungsi baru yang dihadirkan oleh Gmail sangatlah baik karena kita ketahui Gmail adalah salah satu produk Google yang kita tahu setiap saat akan selalu berubah. Sebagai catatan kita bisa sejenak mengesampingkan dari sisi tampilan dan fitur sebenarnya layout masih sama saja dengan yang sebelumnya walau ada beberapa penambahan bar untuk task dan calender. Walau begitu, aku rasa bagi orang yang suka desain akan sangat ditunggu Gmail melalukan Gebrakan yang radikal dari layout desain mereka. begitu sangat menarik jika kita ingat desain logo premier league yang sangat berani dan radikal untuk keluar bebas.

Aku sangat suka, namun masih merasa belum kuat.

Baiklah sahabat kades, apakah pembahasan kali in bermanfaat? Silahkan kalian share dan berikan komentar kalian tentang tampilan baru Gmail ini.

Terima kasih dan Sampai Jumpa!

2 comments:

  1. Makasih gan atas reviewnya gk sbar pengen coba juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah bisa dicoba kok, cek aja di pengaturan

      Delete

Powered by Blogger.