Sunday, January 8, 2017

Pentingnya Brand Sendiri sebagai Kunci Karir ke Depan

Halo sahabat kades yang semoga saja selalu sehat yaa, aku kembali lagi dengan postingan tentang tips-tips yaa. Kali ini kita akan membahas yang namanya Brand?

Mungkin sahabat kades ada yang belum mengetahui apa itu Brand dan apa fungsinya, atau jangan-jangan kalian udah master soal yang namanya Brand yaa. Jadi, sebagai penyegaran dan juga sekalian sharing pengalaman mengenai hal ini. aku akan membahas begitu pentingnya brand diri sendiri untuk kelangsungan karir ke depannya.


Gambar. Emotive brand

Sebagai orang sedang berenang-renang haha di dunia Desain grafis, aku sendiri kadang mengkhawatirkan yang namanya masa depan. Karena kita tidak tahu toh besok bagaimana?. Nah, lalu apa yang bisa kita lakukan?

Jawabannya adalah lakukan yang terbaik sekarang agar juga mendapat yang terbaik nantinya, karena seperti kata pepatah "Proses tidak akan membohongi hasil" Kurang lebih begitu kata dosesku hahaha.

Lalu, apa itu brand? Brand itu kalo menurut pemahamanku yaa yaitu apa yang orang lihat, apa yang orang-orang pikirkan pertama kali mengenai diri kita, apa yang menjadi ciri khas kita, apa yang membuat orang selalu ingat dengan kita. Sebagai contoh nih, Orang melihat kita sebagai orang yang pandai, pintar, ulet, berpenampilan menarik dll. Nah itu salah satu contoh brand, oleh karena itu pentingnya brand itu.

Berbeda loh yaa dengan logo, kartu nama, dll. Karena terkadang memang orang memikirkan adalah "Brand" itu yaa logo dan kawan-kawannya. Dengan brand, orang akan bisa membangun sebuah kepercayaan.

Namun, perlu mungkin aku ingatkan yaa hehe kita jangan paranoid tapi yaa lakukan saja yang terbaik sekarang agar nantinya tidak menyesal, dan tentu saja penyesalan itu selalu dibagian akhir cerita.

Baiklah kita akan langsung saja yaa ke pembahasan hehehe. (maaf kebanyakan diawalnya haha)

1. Punya Rencana Kedepan


Pembahasan pertama adalah kita harus punya yang namanya rencana kedepan, bagaimana kita mau tahu tujuan kita, apa yang diinginkan, tapi tidak punya yang namanya rencana. Memang kadang semuanya tidaklah berjalan dengan baik dalam hal merencanakan, tapi memang perlu adanya rencana agar semua dapat berjalan dengan baik.

Mulailah untuk menulis segala hal yang ingin kita lakukan, lalu setelah itu mulailah untuk membuat filter disetiap rencana. Apakah akan berjalan dalam waktu yang singkat atau panjang. Karena hanyalah kita yang dapat memprediksi semuanya.

Jadi mulailah menulis

2. Jaringan dan Membangun Pertemanan


Kadang orang sudah mulai malas untuk membangun yang namanya jaringan pertemanan ketika sudah mendapatkan pekerjaan yang bisa dibilang pantas dan tidak perlu lagi memerlukan yang namanya teman.

Namun, menurutku pertemanan itu bukan hanya yang namanya pekerjaan saja. Tapi lebih kepada yang namanya membangun brand seperti yang aku jelaskan di poin awal sekali, Jadi buatlah prioritas untuk membangun jaringan dan membangun pertemanan yang solid.

Datanglah ke berbagai acara, kegiatan, workshop dan apapun hal yang melibatkan banyak orang. Kemudian datang dan berikan senyuman dan jangan sungkan untuk berkenalan dan mengobrol walaupun memang terkadang adanya kecanggungan yaa hehe. Jangan ragu untuk menunjukkan kemampuan dan percaya diri.

Oya, jangan lupa untuk membawa identitas kita atau kartu nama. Karena kita tidak tahu mungkin saja dia akan menjadi rekan bisnis, klien, atau bahkan teman baik dimasa depan.

3. Ciptakan Penggemar


Jika kita bilang pengikut di media sosial tidaklah penting, maka begitu hal yang salah, karenanya kenapa? dengan membangun sebuah sarana bagi penggemar keahlian kita akan lebih banyak peluang yang bisa saja didapatkan.

Sebut saja kita memiliki 1000 penggemar, tentu saja kemungkin ada yang tertarik dengan keahlian kita. apalagi jika kita memliki 1 juta atau bahkan 1 milyar penggemar. Bisa dibayangkan bukan?. Jadi, jangan ragu mulai membuat basis penggemar di media online terutama tentu dengan jangkauan yang lebih luas.

4. Perbaharui CV dan karya


Tidak dapat dipungkiri, apalagi orang yang memang bekerja dibidang kreatif. bisa dibilang harus atau bahkan wajib untuk selalu update keahlian setiap waktu. Dengan begitu orang-orang akan tahu perkembangan kita dan bisa saja tertarik untuk merekrut kita. Karena segala hal tidak ada yang tak mungkin bukan?

Sebagai penutup, jangan ragu untuk mempromosikan diri, percaya, dan selalu bersemangat dalam membangun brand diri sendiri. Tentu saja, jika kita belum menemukan kesuksesan sekarang bisa saja kedepan kita akan menemukannya.

Baiklah sahabat kades, apakah bermanfaat tips kali ini? silahkan share dan berkomentar yaa.
Terima kasih dan Sampai jumpa.

Adalah Seorang Blogger asal Palembang yang Suka Dunia Desain dan saat ini Sedang Masa Kuliah di Bidang Yang sama. Selain itu Aku juga Suka hal-hal yang bernuansa Korea.

2 komentar

asek.. thanks bang tulisannya.. nambah wawasan banget.. anak dkv kah ?

Sama2 dan alhamdulillah bisa berbagi wawasan hehe :D. Iya anak DKV saya ^_^


EmoticonEmoticon