Resolusi dan Pixel Dalam Desain

1:10:00 PM

Apa kabar sahabat kades? tentu sangat baik yaa hehehehe. Kali ini aku akan menjawab pertanyaan dari sahabat kades yaitu mas Faza Qhintara.


Alasan aku membuat postingan ini selain buat menjawab pertanyaan, aku juga bisa lebih mudah untuk berbagi artikel yang bermanfaat. Siapa tahu ada juga yang nanya soal ini, Tapi malu bertanya hahaha :D :D. Jadi, Semoga bermanfaat.


Nah begitulah penampakkannya. Awalnya aku sedikit bingung dengan pertanyaan dari mas Faza, Namun setelah melihat lagi. Aku baru mengerti hehehe :D.

Sebelum aku menjawab pertanyaannya, Ada baiknya aku akan menjelaskan Pixel dan Resolusi

Pixel
Silahkan kalian lihat buka foto yang ada di kompi kalian, dan perbesar gambar. Maka, akan terlihat banyak sekali kotak-kotak yang saling bergabung membuat objek gambar. Nah, Secara garis besarnya itulah disebut Pixel. Sebenarnya pixel itu adalah sebuah ilusi visual yang membuat mata kita seolah-olah melihat objek. Padahal, Sebenarnya objek itu terdiri dari kotak-kotak yang berhimpitan.

Bisa dilihat juga conton berikut ini, Banyak sekali kotak-kotak yang membentuk mata di vektor kartun ini. Aku biasanya menggunakan 800pixel.


Resolusi
Untuk Resolusi lebih mengacu kepada kerapatan dari pixel itu sendiri. Resolusi gambar diukur berdasarkan kerapatan pixel dalam satu inch (dot per inch atau dpi). Resolusi 1 ppi berarti ada satu pixel saja per 1 inch persegi. Begitu pula, resolusi 300 ppi brarti ada 300 pixel per satu inch persegi.


Semakin besar resolusi, berarti semakin banyak pixel dalam sebuah gambar. Semakin besar resolusi gambar, semakin baik kualitasnya. Semakin besar resolusi, tampilan detail gambar akan semakin tampak. Kamu pun kemudian tahu, kenapa file yang berisi gambar-gambar atau image dengan resolusi tinggi mempunyai ukuran yang besar juga, karena pixel yang terkandung di dalamnya juga semakin rapat dan banyak

Kebutuhan untuk Desain
1.Biasanya untuk Offset atau printing kita bisa menggunakan 300dpi.
2.Untuk Cetak Outdoor atau Indoor kita bisa gunakan 100 - 150dpi
3.Untuk Konten Web maupun banner, Bisa menggunakan 72dpi saja

Nah, bagaimana pasti kalian sudah mengerti yaa hehehe :D. Untuk keperluan Printing sendiri kalian bisa gunakan dpi (dot per inch) yang besar. Agar tidak pecah alias kelihatan kotak-kotaknya.

Semoga bermanfaat dan tentunya bisa di terapkan hehehe. Baiklah Terima kasih dan Sampai Jumpa :D

You Might Also Like

1 komentar

  1. Websitenya bagus gan, saya senang juga hal-hal mengenai desain. Jangan lupa kunjungi blog saya juga gan http://upan-blog.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Support Me

Like us on Facebook