Monday, December 26, 2016

Bagaimana Tren Desain Grafis 2017?

Halo sahabat kades, kembali lagi dengan mas kades alias mas khoiril amri yaa dengan artikelnya tentang desain.

Tinggal beberapa hari lagi 2016 akan segera berakhir dan akan datang tahun baru 2017. Tentu jika orang-orang biasa akan bersiap-siap dengan kembang api, pesta, acara bakar-bakaran, kalo aku pribadi sendiri malah sibuk mencari tren desain di 2017 nanti.

Kenapa?

Karena, seperti yang sudah aku jelaskan di artikel sebelum-sebelumnya kalo desainer khususnya grafis harusnya mengetahui tren sehingga dengan begitu mereka akan update dan pastinya tidak ketinggalan zaman.


Oleh karena itu, hari ini aku akan berbagi kepada kalian pendapat dan juga beberapa perkiraan atau prediksi tren desain grafis di 2017 di beberapa bidang desain yaa. Tentu, setiap tahun pasti ada saja yang berubah di bidang yang super kreatif ini, bahkan tren 2017 ini pun sudah mulai terlihat menurutku sekitar akhir-akhir tahun ini. dimana banyak orang yang menggunakan berbagai gaya yang cukup menarik perhatian (maka itulah disebut tren yaa).

Jadi, aku akan membahasnya disini. Tapi perlu diingat yaa kalo isi dari artikel ini adalah hasil pengamatan dan juga referensi di beberapa media jadi tidak bisa juga aku pastikan akan menjadi tren. Cuma, kemungkinan akan banyak yang menggunakan tren ini.

dengan beberapa prediksi tren ini, bisa saja menjadi referensi sahabat kades dan juga dapat mengadopsinya di desain yang akan dibuat nantinya.

Mari kita mulai!!

1. MODERN DAN RETRO

Mungkin sahabat kades sering melihat berbagai desain yang bernuansa retro (gaya lama) dipadukan dengan desain bernuansa modern. ternyata eh ternyata kedua gaya ini sangat pas dikombinasikan bersama. Kita bisa lihat dibeberapa desain kemasan, kaos, restaurant, kafe, bahkan poster yang mengadopsi gaya ini. Mungkin kebanyakan orang berpikir keduanya sangat berbeda. Namun ternyata yaa begitu mereka sangat apik jika disesuaikan dengan baik.

Dan menurut mas kades sendiri, gaya ini akan terus menjadi tren untuk 2017 mendatang dan akan berjalan cukup lama melihat popularitasnya sekarang.





2. LOGO YANG RESPONSIF

Logo? yaa tentu sudah sering sekali aku membahasnya yaa hehehe. Kenapa harus logo? dan responsif?. Karena, logo yang responsif akan sangat membantu sekali mengingat perkembangan zaman saat ini. bahkan dalam bentuk skala kecil saja seperti ikon haruslah diperhatikan, nah logo yang responsif menjawab itu semua.

Selain itu, perkembangan teknologi pun juga menjadi hal yang patut diperhatikan kenapa logo responsif akan terus juga menjadi tren di 2017 karena sifatnya yang sederhana dan mudah untuk aplikasikan diberbagai media digital maupun cetak.


3. MINIMALISM

Mari kita lihat cerita awalnya di awal abad 20-an. Gaya minimalis sangat populer sekali bahkan sampai sekarang pun gaya minimalis masih menjadi primadona bukan? dan secara pribadi aku pun suka dengan gaya ini. Kenapa?

Karena gaya minimalis dapat mewakili dan fungsional dengan gaya sederhananya, serumit apapun ide yang ingin disampaikan akan dibuat dengan sangat minimalis.



4. ILLUSTRATED (HAND DRAWN) IMAGES

Gaya ini menurutku lebih banyak dipakai dalam bentuk tipografi, karena aku sering melihat karya-karya desain logo yang memiliki ciri khas seperti hand draw. oleh karena itu, gaya ini pun aku apresiasi dan aku pikir akan menjadi tren di 2017. Apalagi yang lebih keren adalah ilustrasi yang berbentuk karakter-karakter lucu biasanya akan sangat banyak yang memerlukannya.




5. LAYOUT YANG RAPI

Disini bukan berarti monoton yaa, misalnya kotak aja semua gitu sampai akhir, tapi disini penempatan tata letak (layout) dari desain yang kita kerjakan itu walaupun berbeda posisi, berbeda ukuran namun terlihat rapi. layout sering kita jumpai dimajalah, koran, atau pun portal berita online, bahkan handphone kita pun memiliki layout loh.

Berikut contohnya





Dan akhirnya kita sampai di penutup yaa hehehe, bagaimana sahabat kades? apakah kalian sama denganku atau mungkin ada gaya desain grafis lain yang belum aku masukkan dalam daftar? mari berkomentar yaa.

Terima kasih dan Sampai jumpa!! :D

Adalah Seorang Blogger asal Palembang yang Suka Dunia Desain dan saat ini Sedang Masa Kuliah di Bidang Yang sama. Selain itu Aku juga Suka hal-hal yang bernuansa Korea.


EmoticonEmoticon