Cara Efektif Menggunakan Transparency di Desain Grafis

5:19:00 PM

Halo Sahabat kades? :D Apa kabarnya hehehe.

Aku sudah lama yaa tidak update sama sekali artikel (Sedih rasanya). Tapi, karena memang ada kesibukan kuliah dan lain-lain sehingga aku tidak bisa sama sekali update hehehe. Ditambah lagi ide untuk menulis blog pun kemarin-kemarin sedang kosong dan aku bingung mau nulis apa?

Kalo kalian ada saran dan masukan untuk topik tips dan tutorial kalian bisa langsung kirim di ASKfm : xkades 

Insyallah akan aku jawab dan aku buatkan artikelnya hehe :D

Alhamdulillah, sekarang aku memiliki beberapa ide yang ingin aku tulis di blognya mas kades yang tercinta ini. Salah satunya adalah Cara Efektif Menggunakan Transparency. Insyallah yaa bisa berguna hehehe :D



Tentu kalian yang sudah sering mendesain atau mungkin baru belajar juga akan bertemu yang namanya Transparansi (itu loh objek yang diberikan efek tembus pandang). Tentu, fungsi transparansi bukan cuma buat tembus pandang atau sama sekali cuma hiasan.

Tapi, Peran Transparansi menurutku cukup penting. Transparansi akan sangat berguna ketika kita ingin menggunakan tulisan yang bisa terbaca pada sebuah background yang notabennya banyak warna.

Sering bukan melihat background yang dikombinasikan dengan tulisan-tulisan. Tapi ternyata kita yang melihat tulisan malah ga kelihatan dan malah merusak desain itu sendiri. Dengan transparansi kita dapat mengalihkan pandangan pembaca.

Baiklah, Mari kita simak yaa apa saja caranya

1.Sederhanakan Background yang ramai

Desain dengan detail yang luar biasa memang akan sangat menarik dan menambah nilai jual desain kita. Tapi, apa jadinya jika desain yang detail alias ramai ini malah informasi utama yang ingin disampaikan tidak terbaca?

Disini, salah satu karya yang cukup menarik yaitu menggunakan gaya vintage yang bisa dibilang ramai yaa. Nah, tanpa ada objek putih yang menutupi tulisan, bisa saja tidak akan terbaca dengan jelas bukan?.




Perhatikan desain diatas warna putih tampak tebal agar tulisan mudah terbaca namun cukup transparan untuk menunjukkan tekstur dari background itu sendiri. Untuk saat ini sudah banyak sekali software desain yang mendukung yang namanya Transparansi yang bisa diatur sesuai keinginan.

2.Buat Tulisan lebih terlihat

Background tentu tidak bisa juga terlepas dengan dunia fotografi yang bisa digunakan untuk web maupun di print-out. Namun, perlu diperhatikan untuk penempatan tulisan sendiri terkadang harus menyesuaikan dengan gambar.

 
Untuk membuat tulisan lebih terlihat lagi tentu dengan mengurangi transparansi. Sehingga, selain penyampaian informasi lebih efektif kita pun dapat menampilkan sisi desain.

3.Biarkan Sederhana

Jika kita menemui sebuah desain dengan terlihat sederhana. Tentu, ada banyak tempat untuk menikmati desain utama dan adanya rasa lapang alias luas. Sederhana pun sangat baik sekali digunakan apabila kita ingin menyampaikan secara cepat kepada audiens atau target pemirsa kita.

Pada contoh desain untuk sebuah produk fashion dibawah dapat terasa sederhana yang ditampilkan. Dengan menggunakan tulisan dan transparansi yang kuat dapat memudahkan sekali dalam mengerti maksudnya.

 
4.Fokus dengan Audiens

Setelah cara-cara diatas kita lakukan, Apa daya jika kita tidak memperhatikan dan fokus kepada audiens yang menjadi target utama kita. Tanpa adanya fokus dengan audiens, desain pun akan tampak hambar atau bahkan tidak diterima karena tidak sesuai dengan audiens.

5.Cobalah keluar dari Kotak

Kembali lagi dengan transparansi, Kita tidak harus terlalu fokus dengan bentuk yang sama setiap saat. Cobalah untuk membuat hal baru dan lebih kreatif, jangan takut soal yang namanya keluar dari kotak. Siapa yang tahu dengan begitu desain kita terlihat lebih unik.



6.Tampilkan yang ada di dalam 

Untuk setiap desain kemasan, majalah, tutup botol, atau apapun yang ada di dalam kemasan merupakan hal yang bagus menggunakan transparansi. Bisa dibilang produk yang dijual akan menjual dirinya sendiri dengan menampilkan isinya dari luar.




7. Buat terlihat berlapis-lapis 

Salah satu manfaat transparansi adalah kita bisa secara langsung menyatukan beberapa layer (lapis) objek sekaligus. Akan tampak efek visual yang lebih menarik lagi dengan perpaduan warna yang baik juga tentunya.


8.Berikan warna soft dengan gradient 

Salah satu lagi kelebihan dari transparansi dibandingkan menggunakan warna yang solid, Yaitu kita juga dapat bermain dengan gradient. dengan gradient kita dapat memberikan efek soft dan hard dibagian-bagian tertentu saja untuk lebih menekankan infomasi yang ditampilkan.





9.Sorot area penting

Selain sebagai pusat perhatian, Transparansi pun dapat dijadikan sebagai penyorot area yang penting. Namun, kita harus tetap memperhatikan skema warna yang menonjol agar dapat menjadi sorotan utama bagi audiens.



10.Pintar dalam memilih komposisi 

Setelah tips yang aku bagikan diatas. Sebenarnya kembali lagi kepada desainer masing-masing yang bermain dengan transparansi ini. Karena, desainer akan tahu komposisi yang baik dalam desain yang dia buat.





Bagaimana sahabat kades? Apakah tips yang aku berikan ini bermanfaat?. Yuk Share dan komen. yang menjadi penyemangatku untuk menulis tips dan tutorial lebih banyak lagi :D

Jangan lupa untuk berlangganan juga channel Youtube Mas kades

Terima kasih dan Sampai Jumpa :D :D

You Might Also Like

0 komentar

Support Me

Like us on Facebook