Jenis-Jenis Desain Poster

8:40:00 PM

Halo, apa kabar sahabat kades? :D :D, Pada kesempatan yang begitu indah ini hahaha :D aku akan membagikan sebuah artikel yang begitu menarik tentunya. Tema artikel hari ini adalah tentang Jenis-Jenis Poster, Tentu kita desainer grafis tidaklah bisa jauh pula dengan Poster, Bagi yang sudah sering mendesain poster mungkin sudah banyak tahu apa saja jenis-jenis poster, tentu poster memiliki tujuan masing-masing bukan, nah pada postingan kali inilah aku akan menjelaskan Jenis-jenis poster serta berdasarkan tujuannya.

Tentu sebuah poster memiliki perngertian untuk memberikan informasi kepada khalayak luar tentu dapat dimengerti oleh yang melihat dan membacanya.



Mari kita simak satu per satu, tentu sudah aku berikan juga contoh gambarnya agar kalian lebih mudah mengerti :D, oya Jenis-jenis poster ini terbagi menjadi dua yaitu berdasarkan isi dan berdasarkan tujuan.

Jenis Poster Berdasarkan Isinya :

1.Poster Niaga, Poster Jenis Ini isinya menjual dan mempromosikan suatu barang atau jasa sebuah perusahaan, sebagai contoh yaitu poster Minuman Fanta bertuliskan "Ceriakan Hari-harimu segarkan sensasimu"

[Sumber]
2.Poster Kegiatan, Posternya berisikan suatu informasi untuk kegiatan yang akan dilakukan, Misalnya poster berikut ini yang menginformasikan kegiatan "lomba desain poster Deep Indonesia tahun 2011"

[Sumber]
3.Poster Pendidikan, Poster yang satu ini informasi yang disampaikan untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat luas, Misalnya : "Siapapun kamu apapun cita-citamu, Raih dengan senyum"

[Sumber]
4.Poster Layanan Masyarakat, Tentu sudah kita ketahui bagaimana bentuk dari poster yang satu ini, yaitu berisi untuk perlayanan masyarakat, misalnya poster posyantu dibawah ini :D :D

[Sumber]
5.Poster Karya Seni, merupakan poster yang isinya bersifat ekspresif yang belum tentu sama diartikan anatar orang yang satu dengan yang lainnya. Poster ini umumnya gambar dan minim sekali kata-kata.


Banyak juga yaa mas? hahaha :D, iya begitu laa, karena dengan adanya pembagian di atas menurutku kita akan lebih mudah dan bisa menganalis lebih tepat bagaimana poster itu termasuk dalam jenis apa :D :D. Apakah mau lanjut? Tentu masih belum puas yaa? hahaha :D Sesuai janjiku tadi maka yang kedua adalah berdasarkan tujuan poster itu sendiri, Ayo kita simak :

Jenis Poster Berdasarkan Tujuannya :

1.Poster Propaganda, ini merupakan poster yang tujuannya adalah untuk memberikan semangat kepada khalayak umum agar bersemangat atau untuk menggapai suatu cita-cita luas.


2.Poster Kampanye, Tujuan tentu untuk mendapat simpati dan dukungan dari masyarakat agar dapat memilih atau melihat tokoh yang di kampanyekan.


3.Poster Dicari, Biasanya tujuan dari poster ini adalah untuk mencari orang yang hilang atau suatu perusahaan yang menerima lowongan pekerjaan, namun kita lebih sering melihat poster yang satu ini menginformasikan orang yang dicari.


4.Poster Cheesecake, ini merupakan poster yang tujuannya untuk menarik perhatian masyarakat ramai. Poster ini sih biasanya dibuat dengan gambar-gambar orang-orang terkenal seperti idol, artis, aktor, band, dll.


5.Poster Film, Tentu kita sudah sangat sering bertemu dengan poster yang satu ini bertujuan untuk menginformasikan sebuah film yang akan ditayangkan kepada publik.

 [Sumber]

6.Poster Komik, Poster Komik, ini merupakan poster yang tujuannya untuk mempopulerkan komik kepada masyarakat. Hal ini dikarenakan saat ini tren komik sedang menurun berbeda pada saat kejayaannya ditahun 60-an.

 [Sumber]

7.Poster Afirmasi, ini merupakan poster yang tujuannya untuk memotivasi para pembacanya dengan kata-kata yang sugestif, poster ini banyak kita jumpai diacara seminar-seminar atau talkshow-talkshow.


8.Poster Kegiatan Ilmiah atau Riset, bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang kegiatan ilmiah atau riset, biasanya di kampus atau di sekolah.


9.Poster Kelas, merupakan poster yang tujuannya memberikan pengetahuan, wawasan, penerangan, serta motivasi kepada para siswa, poster ini sering kita lihat didalam kelas disekolah-sekolah


10.Poster Komersial, ini merupakan poster yang tujuannya mempromosikan atau menginformasikan barang dan jasa yang akan dijual oleh perusahaan.


Waah ternyata banyak sekali yaa jenis poster berdasarkan isi dan Tujuannya. Tentu sahabat kades mendapatkan banyak sekali yaa ilmu :D :D, Aku pun ikut senang karena berhasil berbagi hal-hal bermanfaat dan berbagi aura positif setiap harinya kepada orang-orang :D :D

Jangan lupa like dan Share artikel ini agar orang lain juga dapat merasakan manfaatnya (y) Aku tutup dulu yaa, Sampai Jumpa :D :D :D

You Might Also Like

0 komentar

Support Me

Like us on Facebook