Apa sih Bedanya UI dan UX Design? Mari kita Bahas!!

8:33:00 PM

Halo sahabat kades, apa kabarnya hari ini? apakah luar biasa?

Alhamdulillah aku bisa posting lagi artikel walau ternyata kalo dilihat sudah beberapa bulan aku tidak update yaa, karena sedang sibuk sama dunia nyata (tau deh namanya anak kuliahan hehe).

Seperti biasa, aku akan membahas hal-hal yang berbau desain, yaa walaupun kadang tentang kpop dan hal lain diluar desain yang menjadi hobiku. Namun, Seperti visi utama blog ini adalah untuk mencari bahan bacaan dan referensi maka aku juga harus fokus untuk menyajikan berbagai info yang tentunya bermanfaat.

Kali ini, aku akan membahas yang namanya UI (User Interface) dan UX (User Expererience) yang bisa dibilang aku baru mempelajarinya beberapa bulan ini, dan pastinya aku musti harus lebih banyak lagi mempelajarinya :D.

Namun, aku akan berbagi sedikit pengetahuanku mengenai kedua hal ini yang sering temen-temen atau siapapun terus bertanya soal ini.

Jadi, Apa sih Bedanya UI dan UX Design?


Tentu, kedua hal ini bisa dibilang saling bekerja sama satu sama lain dikarenakan yaa karena mereka sama-sama melengkapi (seperti aku dan kamu haha). Namun, bila kita lihat lebih dekat kedua hal ini tentu saja memiliki perbedaan yang cukup kompleks.

Apabila kita analogikan Seorang manusia, maka UI adalah Kosmetik, kecantikan, apa yang terlihat dan dirasakan, sedangkan UX adalah sistem organ dalam, tulang, yang merupakan kode terstruktur berkaitan satu sama lain.

tentu dari analogi diatas kalian sudah bisa mengambil atau setidaknya memetik inti dari kedua hal ini, tapi tentu saja jika hanya penjelasan umum seperti diatas tidak akan membuat kalian puas hati haha. Jadi, sebagai sahabat yang baik aku akan berbagi 5 hal yang pembeda UI dan UX. Mari kita simak!!

UX Membuat antarmuka berguna
UI Membuat antarmuka menjadi lebih indah

Memiliki tampilan yang menarik dan juga menyenangkan hati tentu saja menjadi sebuah poin penting dalam menyajikan sebuah produk terutama untuk interface (antarmuka) namun apa jadinya jika tampilan yang menarik tak dapat digunakan dengan baik? bukan kah menyalahi aturan dasar desain itu sendiri yaitu musti memilik fungsi?

Nah, tentu saja UX akan membuat berbagai riset, analisi, setelah itu barulah kita dapat menggunakan UI sebagai kosmetik seperti yang aku jelaskan dianalogi.


UX Membantu menggapai tujuan
UI Membuat koneksi emosional

Sebagai yang melakukan riset dan analisis sebelum produk dibuat tentu UX sangat benar-benar berguna untuk dapat menggapai tujuan yang diinginkan dari produk nantinya. setelah medapatkan berbagai data UI tentunya dapat dengan mudah dan bisa memikirkan hal yang tepat berdasarkan sumber yang telah dibuat oleh UX.


UX Nomor Satu
UI Nomor Dua

Jika ditanya siapa yang duluan diantara mereka, tentu saja jawabannya adalah UX dikarenakan mereka yang memutuskan apakah produk layar dan bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya atau tidak, tentu berdasarkan data yang telah mereka lakukan.

UX Bekerja di Produk, Interface, dan Layanan
UI Bekerja hanya di Interface

Pengalaman menjadi seorang desainer khususnya grafis membuat beberapa orang termasuk aku yang sedang perlahan-lahan kesana memberikan berbagai kebebasan dalam memilih bidangnya dan konsentrasinya. terlebih lagi mulai banyak munculnya desain-desain baru setiap harinya.

Namun, UI bukan hanya bekerja interface dan hanya sebatas smartphone, tablet dan desktop lebih dari itu seperti jam tangan, mesin cuci, dashboard mobil, dan lain-lain yang membutuhkan sebuah interface menarik.

Setelah penjelasanku diatas tentu sangat sulit memisahkan dua sejoli ini yang memang ditakdirkan utnk bersama dan melengkapi satu sama lain. Namun jika dikatakan "Sama" tentu adalah hal yang salah dikarenakan memang mereka memiliki perbedaan yang bisa dibilang cukup signifikan.

-------------

Baiklah sahabat kades apakah artikel kali ini bermanfaat? silahakan berbagi ke teman-teman, keluarga, dan siapa saja yang kalian kenal :D

Terima kasih dan Sampai Jumpa lagi!! :D

You Might Also Like

0 komentar

Support Me

Like us on Facebook